Bagian VI PREDIKAT DAN PENGHARGAAN

 6.1. Predikat Mahasiswa #

  • Predikat Cum Laude dan Summa Cum Laude

Penghargaan Cum Laude diberikan kepada mahasiswa yang lulus tepat waktu atau lebih cepat dan dengan nilai akademik I.P.K > 3,50.  Sedangkan Penghargaan Summa Cum Laude diberikan kepada mahasiswa yang lulus tepat waktu atau lebih cepat dan dengan nilai akademik I.P.K >  3,90

  • Predikat Wisudawan Teladan

Penghargaan Wisuda Teladan diberikan kepada lulusan yang mempunyai prestasi akademik baik disertai dengan keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler yang tinggi.

6.2. Penghargaan Mahasiswa #

Ubaya memberikan piagam penghargaan atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa selama mengikuti kuliah. Penghargaan ini diberikan atas prestasi akademik dan ekstrakurikuler.

Jenis Penghargaan

  • Prestasi Olah Raga atau Seni

Penghargaan ini diberikan kepada mahasiswa (perorangan atau kelompok), yang mampu meraih prestasi di bidang Olah raga atau Seni pada tingkat nasional atau lebih tinggi.

  • Prestasi Penalaran

Penghargaan ini diberikan kepada mahasiswa (perorangan atau kelompok), yang mampu meraih prestasi di bidang Penalaran pada tingkat nasional atau lebih tinggi.

 

6.3. Beasiswa #

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, Ubaya mempunyai misi untuk memajukan masyarakat melalui pengembangan proses pembelajaran yang mengarah pada pengembangan diri mahasiswa sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, keilmuan, keterampilan dan karakter, yang sesuai dengan kebutuhan untuk memajukan masyarakat bisnis dan industri. Untuk menjalankan misi tersebut, Ubaya memberikan dukungan bagi mahasiswa untuk tetap dapat mengikuti pembelajaran dan memberikan apresiasi atau penghargaan atas prestasi mahasiswa, baik terkait dengan kegiatan akademik maupun ekstrakurikuler, dengan mengembangkan program beasiswa bagi mahasiswa yang disesuaikan dengan kondisi dan peruntukkannya. Ketentuan tentang pemberian beasiswa ini diatur dalam Peraturan Rektor Universitas Surabaya Nomor 229 tahun 2019 tentang Beasiswa Bagi Mahasiswa Universitas Surabaya. Adapun pemberian beasiswa bagi mahasiswa aktif ini berlaku dalam masa studi normal.

Jenis Beasiswa

  • Beasiswa Prestasi Kurikuler

Beasiswa ini diberikan tiap semester kepada mahasiswa yang berada pada masa studi normal dan mempunyai nilai akademik tertinggi pada tiap fakultas/jurusan/program studi sesuai dengan angkatan.  Beasiswa yang diberikan adalah sebesar UPP.

  • Beasiswa Prestasi Penalaran dan Kreativitas

Beasiswa diberikan tiap semester kepada mahasiswa yang pemenang lomba penalaran dan kreativitas sebagai delegasi Ubaya ditingkat provinsi, nasional atau internasional. Besaran beasiswa yang diberikan adalah sesuai dengan capaian prestasi yang telah diraih pada semester sebelumnya.

  • Bantuan Biaya Pendidikan Simpati

Beasiswa diberikan tiap semester kepada mahasiswa yang berada pada masa studi normal untuk membantu pendanaan perkuliahan bagi mahasiswa dengan ekonomi lemah dengan minimum IPS 2,50. Beasiswa yang diberikan adalah sebesar 50% UPP.

  • Beasiswa Aktivis

Beasiswa diberikan tiap semester kepada mahasiswa yang berada pada masa studi normal yang secara aktif terlibat dalam kegiatan kemahasiswaan dan memiliki prestasi akademik minimum cukup baik. Nilai besaran beasiswa yang diberikan berdasarkan pada tingginya aktivitas kemahasiswaan yang dilakukan selama satu semester sebelumnya.

  • Beasiswa Prestasi Olah Raga dan Seni

Beasiswa diberikan tiap semester kepada mahasiswa yang menjadi pemenang lomba olahraga atau seni sebagai delegasi Ubaya di tingkat provinsi, nasional atau internasional. Besaran beasiswa yang diberikan adalah sesuai dengan capaian prestasi yang telah diraih pada semester sebelumnya.

Selain beasiswa-beasiswa tersebut di atas, yang berasal dari pendanaan internal Ubaya, mahasiswa Ubaya memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dari pihak eksternal yaitu partisipasi masyarakat (perusahaan atau yayasan) dan pemerintah. Pengaturan beasiswa ditentukan oleh masing-masing pemberi beasiswa dan akan diumumkan pada setiap periode pemberian.

Mahasiswa penerima beasiswa hanya dapat memperoleh satu macam beasiswa pada setiap semester. Dalam kondisi dimana seorang mahasiswa berkemungkinan untuk menerima lebih dari satu beasiswa maka yang bersangkutan harus menentukan pilihan. Beasiswa yang tidak dipilih dinyatakan gugur untuk seterusnya dan tidak dapat ditransfer ke mahasiswa lain.

Mahasiswa diharapkan untuk mengikuti akun Instagram Direktorat Pengembangan Kemahasiswaan Ubaya (@dpkubaya) dan website dpk.ubaya.ac.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar beasiswa dan layanan kemahasiswaan.

 

6.4. Ekivalensi Karya dan Prestasi #

 

Powered by BetterDocs