Bagian VIII.6 FAKULTAS TEKNIK

7.6. PENDAHULUAN #

7.6.1. Latar Belakang
Fakultas Teknik yang didirikan tahun 1986 merupakan fakultas ke-5 di Universitas Surabaya. Saat ini Fakultas Teknik mengelola 5 (lima) jurusan/program studi dan 2 (dua) program kekhususan, dan 1(satu) program internasional di tingkat sarjana, serta 1 (satu) program studi di tingkat magister yakni:

  • Teknik Elektro
  • Teknik Kimia
  • Teknik Industri
  • Teknik Informatika
    • Sistem Informasi Bisnis
    • Multimedia
    • Information Technology (IT): Program Dual Degree UBAYA dan QUT Australia
  • Teknik Mesin dan Manufaktur
  • Magister Teknik Industri

Fakultas Teknik sejak awal telah memiliki komitmen dan visi yang kuat untuk menyelenggarakan kegiatan pengajaran, penelitian dan pelayanan pada masyarakat (tridharma) yang berkualitas tinggi dalam menghasilkan lulusan yang memiliki karakter, kompetensi keilmuan dan keterampilan unggul untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga-tenaga profesional dan entrepreneur dalam bidang teknologi.

Visi Fakultas Teknik Ubaya:
Menjadi institusi pendidikan tinggi teknik yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas, karya penelitian, dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat untuk mencapai reputasi internasional
To be an engineering higher educational institution that can produce quality graduates, research, and services with contribution to the society, in order to aspire for international reputation.

Visi tersebut mengandung maksud bahwa Fakultas Teknik Ubaya ingin:

  • Mewujudkan kualitas mahasiswa, penelitian dan pengabdian masyarakat yang unggul;
  • Menghasilkan layanan tri-dharma yang bermanfaat bagi masyarakat bisnis dan industri dengan mengedepankan inovasi dan adaptif terhadap perubahan teknologi;
  • Mencapai reputasi internasional.

Misi Fakultas Teknik Ubaya:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang menyeimbangkan hard skill dan soft skill untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dan karakter unggul sesuai dengan kebutuhan masyarakat bisnis dan industri;
  2. Menghasilkan penelitian dan penerapan keilmuan teknik yang berkualitas dan berdampak signifikan dan positif bagi masyarakat dalam upaya mencapai pengakuan internasional;
  3. Mengadaptasi perkembangan teknologi dan mengoptimalkan pemanfaatannya dalam layanan tri-dharma sebagai perwujudan dari citra institusi pendidikan teknik yang inovatif;
  4. Mengembangkan kerjasama saling menguntungkan dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri sebagai bentuk upaya outreach dan penguatan brand image.

Pernyataan misi tersebut mengandung pengertian bahwa, Fakultas Teknik Ubaya memfokuskan diri pada pemberian layanan tri-dharma perguruan tinggi sesuai kebutuhan dan perkembangan teknologi di masyarakat bisnis dan industri. Penerapan keilmuan teknik juga akan berdampak signifikan dan positif bagi masyarakat serta terhadap meluasnya kerjasama institusi dalam dan luar negeri.
Dengan demikian, kegiatan-kegiatan yang dilakukan Fakultas Teknik Ubaya dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat selalu relevan dengan dinamika perkembangan dunia bisnis dan industri serta dunia internasional.
Pada akhir tahun akademik 2020-2021 jumlah dosen tetap Fakultas Teknik sebanyak 88 dosen, dengan proporsi 55% berpendidikan S-2 dan 45% berpendidikan S-3.  Dosen yang telah memiliki golongan kepangkatan Lektor mencapai 58%, sedangkan Lektor Kepala 19% dan 6% Guru Besar. Selain itu, kegiatan pengajaran di Fakultas Teknik juga didukung oleh 45 Dosen Tidak Tetap. Student body Fakultas Teknik pada semester genap 2020-2021 sebanyak 1651 mahasiswa. Dengan rata-rata rasio dosen tetap dan mahasiswa pada semester genap sebesar 1 : 19,4, dapat dikatakan bahwa profil dan kompetensi dosen dapat mendukung usaha-usaha peningkatan kualitas proses belajar mengajar dan pencapaian visi dan misi Fakultas.

7.6.2. Program Pendidikan Teknik

Program pendidikan teknik pada Fakultas Teknik Ubaya terakreditasi sesuai Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 2386/SK/ BAN-PT/Akred/S/VII/2019 untuk Program studi Teknik Elektro, Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 2724/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/ S/V/2021 untuk  Pogram studi Teknik Kimia, Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 9036/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/VI/2021 untuk Program Studi Teknik Industr, Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 6687/SK/BAN-PT/ SURV-BDG/S/X/2020 untuk Program Studi Teknik Informatika, Program Kekhususan Sistem Informasi, Program Kekhususan Multimedia, dan Surat Kepututusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 8855/SK/BAN-PT/Ak/S/XI/2022 untuk program studi Teknik Mesin dan Manufaktur.

Pada program pendidikan teknik untuk mendapatkan gelar Sarjana diperlukan beban studi sebanyak 144 sampai dengan 145 sks untuk Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Mesin & Manufaktur, Sistem Informasi Bisnis, dan Multimedia yang normalnya ditempuh selama 8 semester dan dengan batas masa studi 14 semester.

Fakultas Teknik berusaha semaksimal mungkin menyiapkan lulusannya untuk bersaing di era global, oleh karena itu, semua mahasiswa baru diwajibkan tes TOEFL, nilai minimum yang ditargetkan adalah 450 (paper-based TOEFL test). Apabila kurang dari 450, maka mahasiswa baru dapat mengikuti matrikulasi selama 1 semester di ULC (Ubaya Language Centre). Biaya tes dan matrikulasi tidak dibebankan ke mahasiswa. Nilai TOEFL ini menjadi prasyarat untuk pengambilan mata kuliah Bahasa Inggris.

Keseluruhan beban studi meliputi kuliah/ responsi/asistensi, praktikum di laboratorium, kerja praktik/lapangan, tugas-tugas (proyek), dan tugas akhir. Besarnya beban studi maksimum untuk semester pertama 19-20 sks, yang ditentukan oleh jurusan/program masing- masing. Kemudian sesuai Permendikbud no. 3 tahun 2020 (tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi) untuk semester kedua mahasiswa tidak diperbolehkan mengambil matakuliah lebih dari 20 sks. Sedangkan besar beban studi semester selanjutnya ditentukan oleh hasil studi mahasiswa pada semester sebelumnya (IPS/IPKm), dengan batasan maksimum 24 sks.

Implementasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)
Selain di dalam setiap program studi di Fakultas Teknik, pembelajaran juga bisa dilakukan melalui perkuliahan dan/atau kegiatan di luar program studi, baik di institusi pendidikan, dunia usaha, industri, atau kegiatan madiri. Hal ini merupakan implementasi kurikulum program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sesuai Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kegiatan lain yang bisa dilakukan dan dapat diakui untuk menggantikan sebagian mata kuliah di dalam kurikulum Program Studi adalah sebagai berikut:

a. Kuliah di luar Program Studi di Ubaya
Mahasiswa dimungkinkan untuk mengambil mata kuliah di luar Program Studi di dalam Ubaya. Mata kuliah yang bisa diambil di luar Program Studi di dalam Ubaya maksimum adalah sebanyak 20 SKS. Matakuliah-matakuliah yang diambil di program studi lain harus memiliki kesesuaian capaian pembelajaran dengan mata kuliah yang ada di dalam kurikulum Program Studinya. Selain itu, mata kuliah yang akan diambil harus terlebih dahulu dikonsultasikan dan mendapatkan persetujuan baik dari program studi yang dituju maupun dosen pembimbing akademik/tim rekognisi capaian pembelajaran mata kuliah di Program Studi

b. Kuliah di program studi sejenis di luar Ubaya
Melalui program ini, mahasiswa dimungkinkan untuk mengambil mata kuliah di program studi yang sejenis di luar Ubaya. Besar SKS maksimum mata kuliah yang boleh diambil adalah 20 SKS. Program ini hanya bisa dilaksanakan di Perguruan Tinggi (PT) yang telah menjalin kerja sama dengan Ubaya. Sebagai syarat, mata kuliah yang diambil harus memiliki kesesuaian capaian pembelajaran dengan mata kuliah di dalam kurikulum Program Studinya. Proses dan prosedur kegiatan ini dilaksanakan dengan mengikuti mekanisme yang diatur oleh Ubaya bersama PT yang menjalin kerja sama.

c. Magang di perusahaan yang relevan dengan keilmuan Program Studi FT
Kegiatan magang di perusahaan yang relevan bisa dilakukan dan dapat direkognisi untuk menggantikan sejumlah mata kuliah. Besaran maksimum SKS mata kuliah yang bisa digantikan dengan kegiatan ini adalah sebesar 20 SKS. Program magang hanya bisa dilakukan pada semester 6 – 8. Dengan demikian hanya mata kuliah pada semester 6 – 8 yang bisa digantikan. Kegiatan magang di perusahaan untuk tujuan ini dilakukan selama 4 – 6 bulan. Sebelum program ini dilaksanakan, dilakukan diskusi tentang kegiatan yang akan dilakukan terutama untuk pemenuhan capaian pembelajaran mata kuliah. Kegiatan yang kan dilaksanakan pada program magang harus dirumuskan bersama antara mahasiswa, dosen pembimbing yang ditunjuk, serta pembimbing dari perusahaan. Peraturan lebih lanjut mengenai program ini akan diatur tersendiri.

d. Kegiatan lain yang bisa direkognisi untuk menggantikan beberapa mata kuliah

Selain ketiga skema di atas, mata kuliah juga bisa digantikan dengan kegiatan lain. Kegiatan tersebut misalnya:

  • Mengajar di sekolah (Asisten Mengajar),
    Mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan dapat memperkaya ilmunya dengan cara mengajar sebagai guru di satuan pendidikan, seperti sekolah dasar, menengah, maupun atas. Sekolah tempat praktek mengajar dapat berada di lokasi kota maupun di daerah terpencil.
  • Penelitian,
    Mahasiswa yang memiliki minat meneliti dapat memperkaya cara berpikir kritis sehingga mahasiswa mendalami, memahami, dan mampu melakukan metode riset secara lebih baik
  • Proyek kemanusiaan,
    Mahasiswa akan dilatih agar peka sosial sehingga mampu menyelami permasalahan yang ada serta turut memberikan solusi sesuai dengan minat dan keahliannya masing-masing.
  • Kegiatan wirausaha,
    Mahasiswa yang memiliki jiwa berwirausaha dapat mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing sehingga diharapkan dapat mengatasi permasalahan pengangguran intelektual dari kalangan sarjana
  • studi/proyek independen, atau KKN tematik.
    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya dengan bekerjasama bersama pemangku kepentingan, sehingga partisipasi mahasiswa dapat mempercepat pembangunan di wilayah pedesaan bersama dengan Kementerian Desa PDTT.

Proses rekognisi/pengakuan kredit mata kuliah akan dikaji dan ditetapkan oleh tim rekognisi capaian pembelajaran untuk pengakuan kredit dari program studi. Sebagaimana kegiatan rekognisi yang lain, prosedur dan mekanisme rekognisi kegiatan sebagai penganti mata kuliah ini diatur melalui peraturan tersendiri.

 

7.6.3. SEKILAS TENTANG JURUSAN/PROGRAM STUDI
DI FAKULTAS TEKNIK #

7.6.3.1. Program Studi Teknik Elektro #

A. Program Teknik Elektro
Era Revolusi Industri 4.0 membuat segala aspek kehidupan manusia menjadi semakin otomatis (Automation), terkoneksi (Connectivity), dan memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan (Intelligence) berdasarkan data yang didapatkan/dikumpulkan (Data Analytics). Program Studi Teknik Elektro Universitas Surabaya (PSTEUS) menawarkan 3 bidang peminatan, yaitu Intelligent Robotics, Wireless Communications, dan Biomedical Engineering supaya para lulusan siap mengambil peran di era Revolusi Industri 4.0. Saat ini, Program Studi Teknik Elektro Ubaya terakreditasi A dengan SK no. 2386/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/ 2019.

  • Intelligence Robotics
    Program Intelligent Robotics mempelajari algoritma pemrograman, elektronika analog, dan elektronika digital untuk mengakomodasi karakteristik digitalization. Untuk karakteristik automation, program Intelligent Robotics mempelajari beberapa diantaranya mikrokontroler, sistem kontrol, robotika, otomasi industri, serta PLC. Untuk karakteristik connectivity, mahasiswa dibekali pengetahuan sistem telekomunikasi, jaringan komputer, dan mobile application design. Mata kuliah artificial intelligence, pemrosesan citra digital, pemrosesan sinyal digital dipelajari untuk melengkapi lulusan Program Peminatan Intelligent Robotics dalam karakteristik analytics.
    Laboratorium Intelligent Robotics dilengkapi dengan alat-alat laboratorium yang memadai agar mahasiswa dapat mempraktikkan pengetahuan yang mereka pelajari serta dapat melatih/mengasah skill mereka sehingga mereka dapat menjadi lulusan yang unggul yang menguasai teori dan praktik serta mempunyai attitude yang baik.
  • Wireless Communications
    Wireless Communications atau Teknologi komunikasi tanpa kabel (nirkabel) telah memungkinkan untuk menghubungkan koneksi miliaran orang ke Internet sehingga mereka dapat mengambil manfaat dari semua sisi kehidupan secara digital saat ini, mulai dari jejaring sosial, perekonomian, perbankan, transportasi hingga layanan-layanan untuk kebutuhan sehari-hari.
    Peminatan Wireless Communications mengimplementasikan Student Centered Learning (SCL) sebagai metode pembelajaran yang didukung dengan mata kuliah berbasis laboratorium. Kurikulum dirancang teori terintegrasi dan laboratorium agar mahasiswa mudah memahami. Selain itu, kurikulum juga dilengkapi dengan program sertifikasi yang sangat bermanfaat bagi alumni untuk bersaing di industri serta diperkuat dengan kemampuan menulis dan presentasi dalam bahasa Indonesia dan tentunya bahasa Inggris. Hal ini diperlukan untuk membekali lulusan dengan kemampuan berwirausaha yang kuat yang dilengkapi pula kompetensi berwirausaha praktis.
    Program Wireless Communication membekali mahasiswa dengan mata kuliah dasar yang terkait dengan infrastruktur jaringan komputer seperti: jaringan komputer, manajemen jaringan komputer, Optical Communication Design dan infrastruktur jaringan telekomunikasi seperti: Wireless Network Design, rangkaian RF dan antena, dan Internet of Things (IoT).
    Fasilitas laboratorium yang mirip dengan peralatan yang digunakan di industri serta dosen pengajar yang berpengalaman dan memiliki gelar master dan doktoral dari Universitas terkemuka diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kompetensinya. Selain itu, mahasiswa juga mendapat kesempatan belajar melalui kunjungan industri, kuliah tamu dari praktisi, dan kerja praktik di industri.
  • Biomedical Engineering
    Berkembangnya berbagai teknologi dalam aplikasi medis di era industri 4.0 membutuhkan sarjana unggul yang mempunyai pengetahuan dan keahlian spesifik pada teknologi biomedis.
    PSTE menghadirkan program Biomedical Engineering yang mengkombinasikan pengetahuan dan keahlian dasar bidang elektro dengan pengetahuan biomedis. Program peminatan Biomedical Engineering membekali mahasiswa dengan kombinasi kompetensi di bidang engineering (elektronika analog, elektronika digital, algoritma pemrograman, IoT, pemrosesan sinyal digital, pemrosesan citra digital, dan artificial intelligence), serta kompetensi di bidang biomedical (dasar anatomi dan fisiologi, biomedical instrumentation, biomedical imaging, biomedical signal processing, biomedical informatics, telemedicine).
    Dengan kombinasi kompetensi ini, lulusan memiliki kapasitas untuk berkontribusi dalam mengembangkan berbagai peralatan biomedis baik yang bersifat perangkat keras maupun bersifat perangkat lunak.

 

B. Kurikulum
Kurikulum Program Studi Teknik Elektro (PSTE) 2021 berfokus pada sinergitas lulusan yang dihasilkan dengan era Revolusi Industri 4.0 agar lulusan dapat berkompetisi dengan lulusan universitas dalam maupun luar negeri di kancah persaingan domestik maupun persaingan internasional. Kurikulum dirancang dengan 144 sks (Satuan Kredit Semester) dan diselesaikan normal dalam kurun waktu 4 tahun atau 8 semester. Selain transformasi kurikulum berdasar pada karakteristik Revolusi Industri 4.0, PSTE mempersiapkan lulusan untuk siap memasuki dunia kerja dengan menghadirkan internship, desain produk elektronik, Tugas Akhir yang mengkombinasikan teori praktek dari beberapa pembelajaran menghasilkan sebuah produk inovasi. PSTE juga bekerja sama dengan MikroTik, salah satu perusahaan Internasional di bidang Hardware dan software internet connectivity. Mahasiswa PSTE dapat memperoleh sertifikasi MTCNA (Mikrotik Certified Network Associate) yang diakui internasional sebagai bukti kompetensi di bidang jaringan komputer.

C. Kompetensi Lulusan

  • Lulusan Program Intelligent Robotics
    memiliki keahlian mendesain solusi handal sistem otomasi di era Revolusi Industri 4.0 seperti sistem otomasi baik menggunakan PLC dengan segenap perangkat penunjangnya, robot industri, HMI (Human Machine Interface), dan juga sistem SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition). Lulusan juga mempunyai kemampuan untuk mendesain segala sesuatu dengan IoT (Internet of Thinks), untuk kemudian data yang diperoleh dapat dianalisis menggunakan artificial intelligence.
  • Lulusan Program Wireless Communication
    mempunyai kemampuan untuk melakukan analisis dan merencanakan, mendesain, dan merealisasikan infrastruktur untuk kebutuhan sistem telekomunikasi baik hardware maupun software dan sistem jaringan komputer baik yang menggunakan link wired maupun wireless serta protokol-protokol dan standar-standar Internasional untuk paket informasi pada jaringan komputer dan perangkat telekomunikasi. Lulusan program ini juga akan mampu melakukan konfigurasi, optimasi pada perangkat dalam sistem jaringan seperti: LAN, WAN, Network Security, Internet dan komponen penunjangnya. Semua itu akan didapatkan oleh mahasiswa dalam mengikuti perkembangan teknologi dengan standar baru yang mengandalkan jaringan komputer dan komunikasi berkabel maupun nirkabel seperti 5G, Wireless Sensor Network (WSN) dan Internet of Things (IoT) dalam meningkatkan taraf kehidupan di masa mendatang.
  • Lulusan Program Biomedical Engineering
    memiliki keahlian unggul dalam mengidentifikasi permasalahan bidang elektro biomedik khususnya yang terkait erat dengan biomedical imaging, dan therapeutic device, menganalisis kebutuhan-kebutuhan Health and Care terkini, serta mendesain solusi terkait dengan biomedical equipment yang diperlukan di era Health and Care 4.0. Perancangan maupun penguasaan penggunaan peralatan monitoring kesehatan, pengembangan alat terapi fisik, maupun aplikasi mobile konsultasi kesehatan merupakan fokus keahlian lulusan Biomedical Engineering. Selain itu, lulusan juga memiliki kemampuan beradaptasi dan easy-to-learn dengan perkembangan teknologi biomedis.

 

D. Bidang Pekerjaan

  • Lulusan Intelligent Robotics mempunyai bidang pekerjaan yang sangat luas terkait dengan automation engineer design, mechatronics engineer design, IoT designer, smart home or building engineer, dan data analyst. Jenjang karir dimulai dari supervisor, manager, technical director, hingga entrepreneurship di bidang automation, baik di lembaga pemerintahan, swasta, dan lembaga internasional.
  • Lulusan Wireless Communication akan mempunyai bidang pekerjaan yang sangat luas. Semua bidang pekerjaan yang terkait dengan sistem jaringan komputer dan telekomunikasi dapat dilakukan untuk semua jenjang pekerjaan dan untuk diterapkan di semua sektor industri yang terkait seperti: Computer Network Advisor, Wireless Network Engineer, Peneliti Scientist, Network Security Analyst, System Administrator, IoT designer, IT Network Manager dan masih banyak serta dapat digunakan sebagai sarana untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi seperti: Post Graduate (S2) dan Doctoral (S3) di bidang teknik umumnya dan pada teknik elektro khususnya.
  • Lulusan Biomedical Engineering dapat bekerja pada semua bidang pekerjaan terkait teknologi dalam aplikasi medis seperti bekerja pada industri peralatan medis, industri distribusi, instalasi, dan maintenance peralatan medis. Lulusan dpat juga bekerja pada unit teknologi biomedis di rumah sakit atau fasilitas kesehatan. Selain itu, lulusan Biomedical Engineering dapat juga menjalankan bisnis start-up yang mengembangkan berbagai aplikasi dan perangkat lunak untuk kebutuhan biomedis. Lulusan dapat juga melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk menjadi peneliti yang mengembangkan teknologi biomedis.

Informasi lain yang berkaitan dengan Program Studi Teknik Elektro dapat diakses melalui

Website : http://te.ubaya.ac.id
Facebook : Teknik Elektro Ubaya
Instagram : @teknikelektroubaya
Whatsapp : 0838-5757-0838

 

7.6.3.2. Program Studi Teknik Kimia #

A. Profil Teknik Kimia

Proses industri kimia mengubah bahan baku menjadi produk yang berguna seperti pada industri gula, industri kertas, pembuatan biodiesel, dan sebagainya. Perkembangan Industri kimia sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang research and development, project engineer dan process engineer, quality control dan quality assurance, serta bidang penanganan limbah. Teknik Kimia UBAYA membekali para mahasiswanya dengan pengetahuan dan praktek tentang kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan produksi produk yang berguna secara ekonomis, dengan langkah-langkah yang melibatkan peristiwa kimia dan /atau peristiwa fisika.
Teknologi kimia mencakup semua aspek yang terlibat di dalam proses industri kimia baik aspek rekayasa, ekonomi maupun sosial. Aspek rekayasa yang menjadi porsi utama dalam teknik kimia meliputi analisa dan sintesa proses, perancangan dan operasi alat proses serta pengendalian proses dan alat proses. Analisa permodalan dan biaya produksi merupakan aspek ekonomi yang merupakan bagian tak terpisahkan dari ilmu teknik. Oleh karena itu peluang kerja seorang lulusan Jurusan Teknik Kimia amatlah luas dan mencakup berbagai macam industri baik skala kecil, menengah, maupun besar. Beberapa contoh industri yang melibatkan sarjana Teknik Kimia adalah Industri bahan makanan dan minuman; Industri minyak bumi,gas,batubara; Industri petrokimia; pupuk; obat dan kosmetik; bahan kimia; semen; pulp dan kertas; gelas dan keramik; sabun dan bahan-bahan pembersih; polimer (plastik dan resin); cat; tekstil; Bioprocess dan fermentasi; Industri energi alternatif, seperti biodiesel,bioetanol, dan biokerosene.

Tujuan Pembelajaran Program Studi Teknik Kimia UBAYA antara lain:

  1. Lulusan mampu menerapkan prinsip-prinsip teknik kimia di dalam menjalankan profesi baik di bidang keteknikan, manajemen, wirausaha dan profesi lainnya.
  2. Lulusan telah memperoleh atau sedang menempuh pendidikan pasca sarjana di bidang keteknikan, sains, manajemen dan bisnis serta bidang lainnya.
  3. Lulusan mampu menerapkan softskill (komunikasi, leadership, dan teamwork) dalam mengembangkan karir di bidangnya masing-masing.

Saat ini Program Studi Teknik Kimia Ubaya merupakan salah satu Program Studi Teknik Kimia di Indonesia yang terakreditasi Unggul sesuai dengan SK BAN PT No. 2724/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/V/2021 dan Terakreditasi Penuh melalui proses General Accreditation by IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) dengan Sertifikat Akreditasi No. 0006. A sejak tahun 2021.

B. Kurikulum
Kurikulum Program Studi Teknik Kimia UBAYA dirancang dengan beban 144 SKS (Satuan Kredit Semester) dan dapat diselesaikan normal selama 4 tahun atau 8 semester. Kurikulum Teknik Kimia UBAYA saat ini mengusung tema Green and Innovative Chemical Engineering yang merupakan upaya untuk menjawab tantangan dunia usaha dan industri di masa kini dan masa depan yang membutuhkan upaya mencapai Green Chemical Engineering dan Innovative Chemical Engineering.
Kurikulum saat ini telah mengakomodasi beberapa isu terkini seperti:sustainable development, greenhouse gas reduction, pollution prevention, entrepreneurship and technopreneurship, energy efficiency and optimisation, dan food technology. Secara umum, proses pembelajaran di Teknik Kimia UBAYA dilakukan dengan berbagai cara, yaitu: tatap muka, diskusi kelompok dan kelas, praktikum di laboratorium, kegiatan company visit atau kunjungan ke industri, kuliah tamu dari praktisi dan ilmuwan di dalam dan luar negeri, blended learning, peningkatan soft skills mahasiswa (contoh: kegiatan Teamwork Building Training di Kampus 3 UBAYA di Trawas, Mojokerto). Program Studi Teknik Kimia UBAYA juga terbuka bagi mahasiswa yang ingin melaksanakan kegiatan magang selama kuliah. Untuk proses dan prosedur magang dapat dikonsultasikan kepada Ketua Program Studi Teknik Kimia.
Di Teknik Kimia UBAYA terdapat tiga (3) program yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yang meliputi program Teknik Kimia, Rekayasa Proses Pangan (Food Process Engineering), dan Teknologi dan Bisnis Material Hijau (Green Materials Business and Technology).

  • Teknik Kimia
    Peminatan Teknik Kimia ditekankan pada penguasaan pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan industri kimia secara umum. Di dalamnya mencakup perancangan proses dan alat proses, pengoperasian dan pengendalian proses, efisiensi dan optimasi proses, monitoring dan pengendalian kualitas produk, serta pengembangan produk kimia.
  • Food Process Engineering
    Program Food Process Engineering merupakan disiplin ilmu teknik di bawah Prodi Teknik Kimia yang berfokus pada upaya menjamin kelancaran proses yang terjadi selama produksi produk pangan, yang di dalamnya meliputi neraca massa dan energi yang dibutuhkan oleh unit operasi, unit operasi yang digunakan, sistem utilitas yang dibutuhkan, desain pengemas dan produk, integrasi proses produksi yang antara lain mencakup Food Chemical Reaction Engineering yang melibatkan reaksi 3 fase serta food process computation (Pemodelan, simulasi dan optimasi), pengolahan limbah yang dihasilkan selama proses produksi, analisis ekonomi dan kelayakan serta desain pabrik pangan sebagai bagian dari tugas akhir.
  • Green Materials Business and Technology
    Pada program Green Material Business and Technology mahasiswa akan memperoleh pengetahuan dan aspek praktis dari ilmu material hikau serta aspek bisnis lainnya. Program ini mengabungkan ilmu material hijau, advanced and emerging material, dan implementasinya pada proses di industri serta aspek bisnis dan aplikasi material hijau dalam mendukung proses produksi dan energi bersih agar dapat dikembangkan dalam skala komersial.

C. Kompetensi Lulusan
Program Studi Teknik Kimia Universitas Surabaya memiliki tujuan pendidikan yang selaras dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat industri. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat serta kebutuhan akan sumber daya manusia berkualitas yang semakin tak terelakkan, maka tujuan pendidikan Program Studi Teknik Kimia Universitas Surabaya secara tegas dan konkrit berupaya untuk mencetak sarjana-sarjana teknik kimia yang berkemampuan komprehensif-aplikatif terhadap konsep-konsep dasar Teknik Kimia dan memiliki profesionalisme yang tinggi. Sarjana Teknik Kimia yang berkemampuan tinggi hanya dapat diperoleh dari jalur akademik yang memiliki pola pendidikan mantap dan terintegrasi. Atas dasar itu, Program Studi Teknik Kimia Universitas Surabaya memiliki capaian Pembelajaran Lulusan :

  1. Kemampuan menerapkan matematika, konsep fisika, kimia, biologi/bioproses, prinsip rekayasa dan teknologi informasi komunikasi, untuk perancangan proses, sistem pemrosesan dan peralatan yang dibutuhkan untuk penyelesaian permasalahan dalam upaya konversi bahan baku menjadi produk yang memiliki nilai tambah.
  2. kemampuan merancang proses, sistem pemrosesan dan peralatan dengan mempertimbangkan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, budaya, sosial dan lingkungan sehingga menghasilkan penyelesaian yang komprehensif bagi permasalahan di bidang proses produksi kimia.
  3. Kemampuan merancang dan melakukan aktivitas riset di laboratorium dan/atau lapangan yang meliputi identifikasi, formulasi, analisis dan interpretasi data untuk menyelesaikan masalah rekayasa pada proses, sistem pemrosesan dan peralatan yang diperlukan untuk mengubah bahan baku menjadi produk yang mempunyai nilai tambah.
  4. kemampuan melakukan identifikasi, perumusan, analisa data dan penyajian deskripsi saintifik untuk menyelesaikan permasalahan teknik.
  5. Kemampuan untuk memanfaatkan perangkat teknik terkini untuk mendukung aktivitas rekayasa pada proses, sistem pemrosesan dan peralatan di bidang teknik kimia.
  6. Kemampuan untuk mengkomunikasikan hasil kajian/hasil pemikiran/hasil rancangan secara efektif dalam bentuk lisan maupun tulisan.
  7. Kemampuan untuk melakukan perencanaan, penyelesaian dan evaluasi terhadap tugas yang menjadi tanggung jawabnya, baik yang dikerjakan secara mandiri maupun berkelompok.
  8. Kemampuan dalam menjalankan kerjasama dalam tim dan memelihara serta mengembangkan jejaring kerja (network) multi disiplin dan multi kultur – budaya.
  9. Kemampuan untuk menjalankan peran dan tanggung jawab sebagai sarjana teknik sesuai dengan kaidah hukum, etika profesi dan norma yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.
  10. Kemampuan untuk melakukan peningkatan kapasitas diri secara berkelanjutan,

D. Kerja Sama
Untuk memperluas peluang lulusan serta meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Teknik Kimia Ubaya juga telah menjalin kerja sama dengan berbagai instansi dan institusi di dalam dan luar negeri. Kerja sama dilakukan dengan berbagai industri di Indonesia melalui jasa layanan konsultasi, kerja praktek mahasiswa, dan analisa bahan dan produk. Kerja sama juga dilakukan melalui Proyek dari Uni Eropa United Nations Development Programme (UNDP), kerja sama penelitian dengan Deakin University (Australia), University of De La Rochelle France, The University of New South Wales (UNSW, Australia), The University of Adelaide (Australia), National University of Singapore (NUS), UNESCO-IHE Delft (Holland), Tokyo Institute of Technology (Japan), Universitas Airlangga (Unair), ITB, ITS, HPI (Himpunan Polimer Indonesia), kerja sama pemberian beasiswa S-2 dan S-3 bagi lulusan dengan National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan, National Taiwan University of Technology (NTUST), Nanyang Technological University (NTU, Singapore) dan Stanford University USA.

Informasi lain yang berkaitan dengan Program Studi Teknik Kimia dapat di akses melalui
Website : http://tk.ubaya.ac.id
Facebook : Teknik Kimia Ubaya
Instagram : @officialtkubaya

 

7.6.3.3. Program Studi Teknik Industri #

Aspek yang membedakan Teknik Industri dari disiplin ilmu teknik lainnya terletak pada fleksibilitas yang ditawarkan. Teknik Industri memberikan peluang untuk berkarya dalam berbagai macam bidang di segala sektor industri. Apakah mengevaluasi kelayakan suatu investasi, merancang struktur organisasi dan aliran informasi yang dibutuhkan oleh manajemen, mendistribusikan produk ke mancanegara, atau menghasilkan produk dan layanan secara efisien, semuanya mencirikan tujuan yang sama yaitu untuk menghemat penggunaan sumber daya dan meningkatkan kinerja.

Seiring dengan filosofi manajemen yang diadopsi perusahaan tentang peningkatan produktivitas dan kualitas yang berkesinambungan untuk dapat bertahan di tengah persaingan pasar global yang semakin meningkat, maka kebutuhan akan lulusan Teknik Industri yang berkualitas terus meningkat. Hal ini karena sarjana Teknik Industri adalah satu-satunya profesional di bidang teknik yang dididik sebagai spesialis dalam peningkatan kinerja organisasi.

Sarjana Teknik Industri menitikberatkan pada bagaimana melakukan sesuatu lebih baik dan bernilai tambah. Mereka merekayasa proses dan sistem yang meningkatkan kualitas dan produktivitas. Mereka bekerja untuk menghilangkan pemborosan waktu, dana, material, dan energi. Yang terpenting dari semuanya, sarjana Teknik Industri senantiasa menciptakan sistem yang mampu menghasilkan nilai tambah untuk peningkatan kinerja organisasi. Itulah sebabnya dari hari ke hari semakin banyak perusahaan yang merekrut sarjana Teknik Industri dan mempromosikannya pada posisi manajemen tertentu.

Keilmuan Teknik Industri terus berkembang secara dinamis dan menjadi semakin penting dalam menghadapi berbagai problem yang semakin kompleks yang dipicu antara lain oleh perubahan demografi, kemajuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, munculnya industri-industri baru (bio, nano, jasa) dan industri-industri manufaktur, serta berkembangnya manajemen rantai pasok (supply chain management), dalam era globalisasi. Saat ini dan berikutnya, disiplin ilmu ini akan memainkan peranan yang semakin penting dalam era globalisasi untuk meningkatkan kualitas, bukan hanya barang dan jasa yang diterima manusia, tetapi juga kualitas dari kehidupan kerjanya. Program Studi Teknik Industri Ubaya berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keahlian, dan sikap profesional serta jiwa kewirausahaan dan inovasi dalam menghadapi tantangan karir di era global dalam bidang perancangan, implementasi, perbaikan dan pengelolaan sistem terpadu pada industri manufaktur dan jasa yang terdiri dari komponen utama manusia, serta mesin, peralatan, dana, energi dan informasi dengan pendekatan integratif dan sistemik sehingga sistem terpadu tersebut dapat berfungsi secara optimal.

Program Studi Teknik Industri Ubaya mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT sejak tahun 1998 dan secara konsisten meningkatkan kualitas dan kredibilitasnya sehingga mampu mendapatkan akreditasi Unggul pada tahun 2021. Pada tahun 2018, Program Studi Teknik Industri mendapatkan provisional accreditation, akreditasi internasional IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education) dan menjadi Program Studi Teknik Industri pertama di Indonesia yang mendapatkan itu. Tahun 2021 Program Studi Teknik Industri berhasil meningkatkan pencapaiannya dengan mendapatkan General Accreditation dari IABEE. Pada Tahun 2019, Program Studi Teknik Industri Ubaya mendapatkan sertifikasi internasional dari AUN-QA (ASEAN University Network – Quality Assurance). Program Studi Teknik Industri Ubaya merupakan pemenang kompetisi hibah TPSDP pada tahun 2001-2005 (TI pertama di Indonesia) dan hibah PHK-A3 pada tahun 2007-2010 (satu-satunya TI di Indonesia). **Pada tahun 2021, program Studi Teknik Industri Ubayamendapatkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka.**Dengan hibah tersebut Program Studi Teknik Industri Ubaya mendapatkan dana untuk melakukan peningkatan kinerja di berbagai bidang.

Proses pembelajaran tidak hanya ditujukan pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga diarahkan pada pembentukan karakter unggul dan pendidikan softskills seperti jiwa kewirausahaan yang bercirikan kemandirian inovatif dan kreativitas. Ditunjang fasilitas yang lengkap dan para dosen yang berasal dari lulusan universitas terkemuka di Indonesia maupun luar negeri, proses pembelajaran telah berhasil mengantarkan mahasiswa Program Studi Teknik Industri Ubaya memenangkan berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional. Selain itu, 80% lulusan Program Studi Teknik Industri Ubaya segera memperoleh pekerjaan setelah menyelesaikan studinya.

Kurikulum 2021 dirancang berdasarkan capaian pembelajaran lulusan yang meliputi sikap dan tata nilai, penguasaan pengetahuan, keterampilan umum dan khusus lulusan Teknik Industri Ubaya sesuai kebutuhan kompetensi lulusan dari masyarakat bisnis dan industri. Beban studi mahasiswa adalah 145 sks, terdiri dari 136 sks matakuliah wajib dan 9 sks mata kuliah konsentrasi. Seluruh beban tersebut dirancang untuk dapat diselesaikan dalam 8 semester (atau lebih cepat bagi mereka dengan prestasi akademik di atas rata-rata). Mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk mengikuti program Fast Track di Magister Teknik Industri Ubaya, sehingga masa studi S1 dan S2 dapat ditempuh dalam 5 tahun. Untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian tambahan yang relevan dengan perkembangan terbaru di dunia industri, intra and inter-company dengan kerangka berpikir sustainable systems, maka mahasiswa dapat memilih salah satu di antara 2 (dua) konsentrasi yang ada, yaitu:

  • Konsentrasi Sustainable Enterprise Systems
    Konsentrasi ini berfokus pada aplikasi dan pengembangan prinsip-prinsip ‘industrial engineering’ dalam enterprise systems (sistem dalam perusahaan/intra-company) untuk menciptakan proses bisnis (business processes), yang meliputi organisasi, integrasi produk dan layanan, serta proses, dengan keunggulan bersaing (competitive advantages). Melalui serangkaian tahapan identifikasi, analisis, desain, perencanaan, penerapan dan pemeliharaan dengan pendekatan terintegrasi antara aspek lingkungan, ekonomis dan masyarakat (sustainable development).
    Capaian pembelajaran lulusan: keahlian merancang, merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi berbagai sistem proses bisnis dalam berbagai sektor industri dengan pendekatan pengembangan berkelanjutan.
    Bidang kerja: PPIC Officer, Production Engineer, Quality Control, Quality Assurance, Quality Management System Auditor, Standard and Procedure Development, Product and Service Development Officer, Workplace Designer, Process Planner, System Analyst, Marketing Analyst, Consulting Engineer, dan lain-lain di bidang Business Processes Re-engineering.
  • Konsentrasi Sustainable Supply Chain Systems
    Konsentrasi ini mempelajari penciptaan nilai tambah pada jaringan supply chain yang digunakan oleh entitas bisnis untuk memperoleh, memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pengintegrasian supply chain. Lulusan akan memiliki kemampuan mengintegrasikan aktivitas logistik pada jaringan supply chain agar dicapai peningkatan kinerja yang handal, dengan memperhatikan aspek lingkungan, ekonomis dan masyarakat (sustainable development).
    Capaian pembelajaran lulusan: keahlian menganalisis, merancang, menerapkan dan mengevaluasi sistem supply chain pada berbagai sektor industri secara optimal dengan pendekatan pengembangan berkelanjutan.
    Bidang kerja: Demand Planner, Konsultan Industri, Logistic Specialist, Logistics Engineer, Operations Consultant, Optimization Expert, Procurement Manager, Procurement or Spend Analyst, Purchasing Manager, Sales and Operations Strategy Consultant, SCM consultant, Supply Chain analyst, Supply Chain Manager, Supply Planner, Transportation or Freight Analyst, Warehouse Manager, dan lain-lain di bidang Logistics and Supply Chain Engineering.

Informasi lain yang berkaitan dengan Program Studi Teknik Industri dapat diakses melalui website: http://ti.ubaya.ac.id/

 

7.6.3.4. Program Studi Teknik Informatika #

Teknik Informatika adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang komputer dan pengembangan perangkat lunak di segala bidang terutama di dunia industri. Ilmu yang dipelajari di Teknik Informatika meliputi konsep dan teori serta penerapan praktis keilmuan tersebut. Dengan demikian, lulusan Teknik Informatika Ubaya selain mampu beradaptasi di dunia industri dengan cepat, lulusan tersebut akan dapat terus mengikuti perkembangan keilmuan di bidang komputer.
Teknik Informatika Ubaya didirikan pada tahun 1986, dan disahkan pendiriannya melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0729/0/1986. Di tahun 1998, Teknik Informatika Ubaya mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Akreditasi A ini tetap dipertahankan oleh Program Studi Teknik Informatika Ubaya pada saat penilaian akreditasi kembali di tahun 2004, 2009, 2014 dan 2019. Akreditasi A mulai tahun 2019 mempunyai dasar SK BAN-PT No. 6687/SK/BAN-PT/SURV-BDG/S/X/2020. Di Indonesia terdapat lebih dari 498 Program Studi atau Jurusan Teknik Informatika dan hanya sekitar 4.6% yang memperoleh peringkat Akreditasi A.

Profil lulusan Teknik Informatika Ubaya:

  1. Lulusan mampu menerapkan keilmuannya untuk mengembangkan solusi dari permasalahan bisnis, industri dan sektor publik dengan menggunakan teknologi informasi pada berbagai platform.
  2. Lulusan mampu bekerjasama dalam tim, berkomunikasi dengan efektif, memiliki etika dan bertanggungjawab dalam pekerjaannya.
  3. Lulusan mampu mengembangkan keilmuannya secara berkelanjutan baik melalui jalur akademis maupun non akademis.

Capaian Pembelajaran Lulusan Teknik Informatika Ubaya:

  1. Mampu menganalisa masalah secara logis, kritis, sistematis, dan inovatif dan merumuskan penyelesaian masalah dengan memanfaatkan teknologi internet, jaringan komputer, dan mobile.
  2. Mampu mendesain, mengimplementasikan dan merekomendasikan sistem berbasis komputer yang optimal melalui penguasaan berbagai bidang keilmuan informatika.
  3. Mampu mendiskripsikan dan mengkomunikasikan gagasan, desain dan solusi dalam berbagai jaringan kerja.
  4. Mampu menunjukkan integritas dan profesionalisme dalam profesinya sesuai nilai hukum dan etika serta memiliki jiwa nasionalisme.
  5. Mampu bekerja sama serta memiliki kemampuan supervisi dan evaluasi dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
  6. Mampu menghasilkan sistem berbasis komputer untuk menyelesaikan berbagai masalah nyata dengan menerapkan ilmu komputer dan rekayasa perangkat lunak.

Program Studi Teknik Informatika Universitas Surabaya memiliki 4 program yaitu program Data Science & Artificial Intelligence, Game Development, Network & Cyber Security, serta Information Management & Enterprise System. Program-program ini ditujukan untuk menyiapkan lulusan agar memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait dengan berbagai topik Teknologi Informasi terkini. Pemilihan program ini dilakukan di semester dua setelah mahasiswa berkonsultasi dengan AA (Academic Advisor). Pilihan program akan berlaku sejak semester 3.

Jumlah sks yang harus diambil oleh mahasiswa Teknik Informatika Ubaya untuk dapat menyelesaikan studi adalah 144 sks. Beban sks ini terbagi menjadi 8 semester. Mata kuliah Kerja Praktek dapat diambil apabila mahasiswa telah menyelesaikan minimum 90 sks. Pengajuan Tugas Akhir dapat dilakukan apabila mahasiswa telah menyelesaikan minimum 110 sks dan Ujian Tugas Akhir dapat dilakukan minimal tiga bulan setelah pengajuan.

Kurikulum 2021 juga menyediakan jalur merdeka belajar yang bersifat opsional dan memberikan kesempatan mahasiswa untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman pembelajaran pada program studi yang sama di Perguruan Tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di Perguruan Tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar Perguruan Tinggi. Keterangan terkait jalur merdeka belajar dapat dilihat pada subbab 5 Jalur Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Mahasiswa dinyatakan lulus dari Program Studi Teknik Informatika sesuai dengan kurikulum ini dan memperoleh gelar Sarjana Komputer jika telah memenuhi semua

syarat administratif dan program wajib universitas serta memenuhi semua persyaratan berikut:

  1. Telah menempuh dan lulus mata kuliah dengan total sks kumulatif >=144 sks
  2. Memiliki IPK >=2.00
  3. Lulus Masa Orientasi Bersama, program pengembangan softskill Ubaya yang dibuktikan dengan sertifikat dan program pengembangan lainnya yang diatur tersendiri melalui peraturan rektor.
  4. Telah lulus seluruh mata kuliah dari 144 sks yang diperhitungkan dengan minimal C.

Informasi detail mengenai Program Studi Teknik Informatika dapat diakses melalui website: http://if.ubaya.ac.id/

 

7.6.3.4.1. Program Data Science & Artificial Intelligence
A. Deskripsi Program
Data Science and Artificial Intelligence (DSAI) adalah bagian dari keilmuan Informatika yang mensinergikan disiplin ilmu komputer dan statistika. Saat ini DSAI merupakan bidang yang sedang berkembang dengan pesat dan dibutuhkan di banyak perusahaan di seluruh dunia. Era society 5.0 merupakan tren perkembangan revolusi teknologi dimana teknologi adalah bagian dari kehidupan manusia. Perkembangan pesat riset machine learning, big data analytic, serta robotic diprediksi akan menjadi tonggak baru dalam kehidupan manusia. Sehingga DSAI memainkan peranan penting dalam transformasi digitalisasi industri. Program DSAI ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli yang visioner dalam Data Science and Artificial Intelligence.
Kurikulum Program DSAI dirancang agar lulusannya mempunyai pengetahuan yang baik dalam bidang informatika, khususnya Data Science and Artificial Intelligence, dan dapat mengaplikasikan pengetahuannya untuk menemukan solusi inovatif bagi permasalahan riil di berbagai domain termasuk sains, teknologi, bisnis, keuangan, dan industri. Dengan demikian lulusan Program DSAI mempunyai kesempatan yang baik untuk dapat bersaing di bursa kerja di era ekonomi digital. Topik-topik yang dipelajari dalam Program DSAI meliputi Python Programming for Data Science, Data Mining, Big Data Analytic, Artificial Intelligence, Machine Learning, Deep Learning, Intelligent Information Retrieval, Digital Image Processing, Computer Vision, Multimedia Information Retrieval, Natural Language Processing, Decision Support System, Soft Computing, Internet of Things (IoT), dan sebagainya.

B. Karir Kerja
Berbagai karir kerja yang dapat diambil lulusan Teknik Informatika Ubaya Program DSAI adalah:

  • Data Scientist, yaitu ahli data analitik yang memiliki keterampilan teknis eksplorasi data memecahkan masalah yang kompleks.
  • Machine Learning Engineer, yaitu programmer canggih yang dapat mengembangkan mesin dan sistem yang dapat mempelajari dan menerapkan pengetahuan tanpa perlu diprogram secara eksplisit.
  • Big Data Engineer, yaitu seseorang yang mempunyai keahlian dalam mengeksplorasi data berskala besar serta mampu mengelola infrastruktur dan alat untuk data berskala besar
  • Intelligent System Developer, yaitu seseorang yang mempunyai keahlian untuk megembangkan sistem cerdas.
  • Research Scientist, yaitu seseorang yang mempunyai keahlian untuk merancang, dan melakukan penelitian dalam bidang Data Science dan Artificial Intelligence, serta menganalisis informasi dari hasil penelitian tersebut.

7.6.3.4.2. Program Game Development
A. Deskripsi Program
Program Game Development memberikan pembekalan komprehensif kepada mahasiswa tentang siklus game development mulai dari preproduction hingga proses publish. Lulusan dari program ini akan memiliki kualifikasi yang unggul untuk dapat berkontribusi pada industri game. Lulusan mampu mendesain dan mengembangkan aplikasi game yang menarik, kreatif, dan bermanfaat. Pembelajaran ditekankan pada aspek teknis yakni pembelajaran alur dan pemrograman untuk game, pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) untuk game, physically based animation, pengembangan game yang berjenis mixed reality (AR & VR), gameplay design, pengembangan dan eksplorasi teknologi mobile game, pengembangan aset game, analysis & design, serta entrepreneurship & innovation.

B. Karir Kerja
Berbagai karir kerja yang dapat diambil lulusan Teknik Informatika Ubaya Program GD adalah:

  • Game Programmer, yaitu programmer yang berfokus mengembangkan komponen-komponen game, seperti Artificial Intelligence (AI), User Interface (UI), gameplay, network, Virtual/Augmented Reality, dan sebagainya.
  • Virtual/Augmented Reality Producer, yang berperan mendesain dan memproduksi konten-konten interaktif berbasis Virtual/Augmented Reality.
  • Game Producer, yaitu seorang yang berkompeten untuk menganalisis, merencanakan, mengatur, mengendalikan, memonitor dan mengevaluasi kinerja tim projek pembuatan game.
  • Game Researcher, yaitu seseorang yang dapat menganalisis tingkat kualitas dan taktik desain yang dicari oleh pasar saat ini, dan dapat melakukan riset tentang pengimplementasian serta pengembangan teknologi game terbaru.

7.6.3.4.3. Program Network & Cyber Security
A. Deskripsi Program
Network & Cyber Security adalah program di bidang Informatika yang berfokus di bidang jaringan dan keamanan data. Kurikulum Program Network & Cyber Security dirancang agar lulusan mempunyai pengetahuan yang baik dalam bidang informatika, khususnya Pengamanan Data, Penyediaan Layanan Intranet, Internet dan Pengamanan Sistem sehingga dapat mengaplikasikan pengetahuannya untuk menemukan solusi inovatif dan aman bagi permasalahan riil di berbagai domain termasuk sains, teknologi, dan industri. Dengan demikian lulusan Program Network & Cyber Security mempunyai kesempatan yang baik untuk dapat bersaing di bursa kerja di era ekonomi digital dan mendukung penuh dalam berlangsungnya penggunaan teknologi terkini pada era Revolusi Industri 4.0.

Lulusan diharapkan dapat melakukan analisis, perancangan, dan implementasi dalam jaringan dan keamanan data pada dunia industri dan dalam proses bisnisnya. Kurikulum terbagi dalam bidang Network Infrastructure Technology, Network Security, Data Security, dan implementasinya dalam dunia industri. Kurikulum dirancang agar lulusan memiliki kompetensi dalam merancang dan mengimplementasikan jaringan dengan fokus riset terkini, seperti Cloud Computing, IoT, Digital Forensic, Cryptography dan Computer Network Defense.

B. Karir Kerja
Berbagai karir kerja yang dapat diambil lulusan Teknik Informatika Ubaya Program NCS adalah:

  • System Administrator
    System Administrator atau yang biasa disebut sebagai SysAdmin bertanggung jawab dalam pengelolaan sistem jaringan dan keamanan di suatu perusahaan. Sekaligus memastikan seluruh mekanisme interkoneksi data di dalam perusahaan berjalan dengan baik.
  • Network and Security Consultant
    Network and Security Consultant akan bertanggung jawab sebagai narasumber dan memberikan feedback terkait perencanaan, penyusunan, perawatan, dan evaluasi sistem jaringan dan keamanan sistem dalam suatu perusahaan atau institusi tertentu.
  • Security Specialist
    Security Specialist bertanggung jawab untuk menjamin keamanan jaringan dari sebuah proses bisnis yang dapat terdiri dari personal, aset, jaringan, komunikasi data, dan sistem IT.
  • Security Analyst
    Security Analyst bertanggung jawab dalam menganalisis keamanan jaringan sistem IT pada suatu proses bisnis untuk dapat menemukan dan mencegah celah keamanan yang terjadi.
  • Network Infrastructure Engineer
    Network Infrastructure Engineer bertanggung jawab pada perancangan, implementasi, dan pemeliharaan sistem IT dan layanan jaringan yang meliputi aset perangkat lunak dan perangkat keras pada sebuah proses bisnis.
  • Cloud Engineer
    Cloud Engineer bertanggung jawab pada perancangan, implementasi dan pemeliharaan secara teknis yang berhubungan dengan Cloud Computing.
  • IoT Engineer
    IoT Engineer bertanggung jawab pada implementasi dan pengembangan teknologi yang digunakan untuk membangun IoT Applications.

7.6.3.4.4. Program Information Management & Enterprise Systems
A. Deskripsi Program

Program Information Management dan Enterprise Systems (IMES) membahas manajemen, analisis, konsolidasi, pemrosesan dan penyajian informasi dengan tujuan untuk mendukung integrasi dan akselerasi proses bisnis yang berjalan di berbagai area fungsional sistem perusahaan (enterprise system). Program ini fokus mencapai tujuan tersebut dengan penerapan teknologi informasi, algoritma dan metodologi terkini untuk mengoptimalkan pemanfaatan informasi perusahaan.

Keahlian yang didapatkan dari program penting dan dibutuhkan berbagai perusahaan dan organisasi di tingkat nasional dan internasional yang sarat mengambil keputusan berdasarkan informasi yang sahih dan termutakhir. Setelah menyelesaikan program ini, mahasiswa akan memiliki keahlian dalam membangun ekosistem sistem enterprise yang terintegrasi dan efektif dalam mendukung optimasi daya saing perusahaan secara global.

Topik-topik yang dipelajari dalam program ini antara lain Database Modeling and Management, Applied Database, Management Information Systems, Enterprise System Implementation, Supply Chain Management Accounting System, Business Intelligence, dan masih banyak lagi topik lainnya.

B. Karir Kerja
Berbagai karir kerja yang dapat diambil lulusan Teknik Informatika Ubaya Program IMES adalah:

  • System Analyst
    Berperan melakukan perencanaan, koordinasi, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang sesuai dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan.
  • Database Designer
    Berperan melakukan perancangan database, baik desain konseptual maupun logical, dengan mengidentifikasi entitas, atribut, dan hubungan serta memberikan constraints (batasan).
  • Database Administrator
    Berperan dalam implementasi, pemeliharaan, serta perbaikan database dalam suatu organisasi.
  • Enterprise System Engineer
    Berperan dalam membangun dan mengintegrasikan sistem enterprise agar mampu mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan organisasi.
  • Enterprise Solution Architect
    Berperan membuat rencana serta desain arsitektur, implementasi, sekaligus melakukan evaluasi terhadap struktur arsitektur enterprise.
  • IT Consultant
    Memberikan rekomendasi kepada klien mengenai strategi perbaikan penerapan IT dalam membantu mencapai tujuan dan target organisasi.
  • Full Stack Developer
    Bertanggung jawab menangani baik front end maupun backend software.

 

7.6.3.5. Program Sistem Informasi Bisnis #

A. Deskripsi Program

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berperan penting dalam penyelenggaraan bisnis. Penerapan TIK dalam dunia bisnis menjadi dasar utama dari disiplin ilmu Sistem Informasi menjadi solusi tepat bagi perusahaan untuk menciptakan terobosan bisnis. Penerapan ilmu Sistem Informasi yang tepat tentu dapat menunjang kegiatan operasional organisasi, meningkatkan performa kinerja dalam organisasi serta dapat memberikan efek pada strategi organisasi. Program Sistem Informasi Bisnis UBAYA berkomitmen untuk mengajarkan pengembangan dan penerapan TIK untuk meningkatkan kinerja proses bisnis pada organisasi. Melalui metode yang efisien dan efektif, “informasi” yang ada dalam sebuah organisasi dapat diciptakan, diproses, didistribusikan, dan diintegrasikan ke dalam proses bisnis yang ada.
Program Sistem Informasi Bisnis Jurusan Teknik Informatika UBAYA berkomitmen untuk mengajarkan pengembangan dan penerapan TIK untuk meningkatkan kinerja proses bisnis pada organisasi. Melalui metode yang efisien dan efektif, “informasi” yang ada dalam sebuah organisasi dapat diciptakan, diproses, didistribusikan, dan diintegrasikan ke dalam proses bisnis yang ada.

Kurikulum yang dimiliki Program Sistem Informasi Bisnis Ubaya dirancang secara aplikatif, tepat guna dan berstandar internasional. Kurikulum dirancang dengan tujuan membekali mahasiswa dengan pengetahuan yang cukup untuk menerapkan dan mengelola teknologi perangkat keras/lunak/komunikasi serta menerapkan teori organisasi, manajemen, dan keuangan/akuntansi dalam bidang bisnis. Lulusan Program Sistem Informasi Bisnis akan memiliki kompetensi mengembangkan aplikasi komputer dan basis data untuk berbagai kebutuhan bisnis; memanfaatkan peluang yang tercipta dari inovasi teknologi informasi; menganalisis kebutuhan, merancang dan mengelola sistem informasi; menemukan dan mempertimbangkan berbagai alternatif solusi bisnis berbasis TIK.

Jumlah sks yang harus diambil oleh mahasiswa Program Sistem Informasi Bisnis Ubaya untuk dapat menyelesaikan studi adalah 144 sks. Beban sks ini terbagi menjadi 8 semester. Mata kuliah Kerja Praktek dapat diambil apabila mahasiswa telah menyelesaikan minimum 90 sks. Pengajuan Tugas Akhir dapat dilakukan apabila mahasiswa telah menyelesaikan minimum 110 sks dan Ujian Tugas Akhir dapat dilakukan minimal tiga bulan setelah pengajuan. Kurikulum pada Program Sistem Informasi Bisnis juga membuka kesempatan magang kerja di perusahaan yang telah bekerjasama dengan Ubaya. Magang kerja berlangsung selama 6 bulan dan akan disetarakan dengan 15 sks mata kuliah pilihan dan 2 sks mata kuliah kerja praktek. Selama magang kerja mahasiswa akan bekerja di perusahaan sesuai dengan aturan jam kerja.

B. Karir Kerja
Berbagai karir kerja yang dapat diambil lulusan Teknik Informatika Ubaya Program SIB adalah:

  • Systems Analyst and Designer : profesional di bidang IT yang bertanggungjawab dalam melakukan analisis dan desain sebuah aplikasi sistem informasi
  • Database Designer : profesional di bidang IT yang mengkhususkan diri pada perancangan serta pemilihan solusi basis yang paling tepat untuk diterapkan dalam sebuah sistem informasi tertentu
  • Information System / Database Programmer : profesional di bidang IT yang memiliki kemampuan merekayasa sistem informasi yang meliputi data dan laporan untuk menunjang proses bisnis.
  • Database Administrator: seseorang yang bertanggung jawab terhadap manajemen basis data pada sebuah organisasi, dimana tanggung jawabnya meliputi keamanan basis data, penerapan dan dan pemeliharaan sistem basis data, menerapkan prosedur darurat di dalam kasus terjadinya kegagalan sistem atau kerusakan basis data serta melatih dan mendidik personil yang berhubungan dengan basis data
  • Web Developer : yaitu software developer yang mengkhususkan pada pengembangan aplikasi bisnis berbasis web

Mahasiswa dinyatakan lulus dari Program Studi Teknik Informatika sesuai dengan kurikulum ini dan memperoleh gelar Sarjana Komputer jika telah memenuhi semua syarat administratif dan program wajib universitas serta memenuhi semua persyaratan berikut:

  1. Telah menempuh dan lulus mata kuliah dengan total sks kumulatif >=144 sks
  2. Memiliki IPK >=2.00
  3. Lulus Masa Orientasi Bersama, program pengembangan softskill Ubaya yang dibuktikan dengan sertifikat dan program pengembangan lainnya yang diatur tersendiri melalui peraturan rektor.
  4. Lulus semua mata kuliah dari 144 sks yang diperhitungkan dengan minimal C.

 

7.6.3.6. Program Multimedia #

A. Deskripsi Program

Kurikulum di Program Kekhususan Multimedia menekankan pengajaran ilmu desain (pembuatan) beserta implementasi sistem sebuah aplikasi multimedia secara utuh, termasuk di dalamnya unsur seni (art & design) dan teknis (logic and programming). Aplikasi multimedia yang ditekankan meliputi multimedia interaktif (interactive media authoring, website & database application) dan multimedia linear (video, sound, animasi, desain). Selain pengetahuan yang bersifat hard skills, mahasiswa juga akan mempelajari ilmu pengetahuan yang bersifat soft skills diantaranya adalah entrepreneurship, leadership, serta professional ethics sehingga diharapkan profil lulusan Program Kekhususan Multimedia mempunyai keseimbangan pengetahuan serta keahlian yang holistik.

Jumlah sks yang harus diambil oleh mahasiswa Program Multimedia Ubaya untuk dapat menyelesaikan studi adalah 144 sks. Beban sks ini terbagi menjadi 8 semester. Mata kuliah Kerja Praktek dapat diambil apabila mahasiswa telah menyelesaikan minimum 90 sks. Pengajuan Tugas Akhir dapat dilakukan apabila mahasiswa telah menyelesaikan minimum 110 sks dan Ujian Tugas Akhir dapat dilakukan minimal tiga bulan setelah pengajuan. Kurikulum 2020 juga membuka kesempatan magang kerja di perusahaan yang telah bekerjasama dengan Ubaya. Magang kerja berlangsung selama 6 bulan dan akan disetarakan dengan 15 sks mata kuliah pilihan dan 2 sks mata kuliah kerja praktek. Selama magang kerja mahasiswa akan bekerja di perusahaan sesuai dengan aturan jam kerja.

B. Karir Kerja
Berbagai karir kerja yang dapat diambil lulusan Teknik Informatika Ubaya Program Multimedia adalah:

  1. 2D/3D Modeler, yang dapat memodelkan secara lengkap (tekstur, bone, dan sebagainya) dan memodifikasi objek secara digital dalam grafis 2 dimensi maupun 3 dimensi.
  2. 2D/3D Animator, yang dapat merancang dan membuat animasi dan efek untuk model 2D/3D yang sudah ada.
  3. Videografer, yang berperan dalam berbagai bidang yang tercakup dalam proses pembuatan video mulai dari pra produksi hingga pasca produksi.
  4. Sinematografer, yang berperan dalam aspek sinematografi dalam proses pembuatan video.
  5. Film Editor, yang berperan sangat besar dalam editing sebuah video pada masa pasca produksi.
  6. Web Developer, yaitu software developer yang mengkhususkan pada pengembangan aplikasi perangkat lunak berbasis Web.
  7. UI/UX Designer, yang bertanggung jawab pada desain tampilan dan interaksi pengguna perangkat lunak.
  8. Full Stack Developer, yaitu software developer yang bertanggung jawab menangani baik front end maupun backend software.
  9. Game Designer, yang bertanggung jawab dalam perancangan game baik digital maupun tabletop.
  10. Game Assets Designer, yang bertanggung jawab dalam perancangan aset game baik digital maupun tabletop.
  11. Game Developer, yang mengkhususkan diri pada pengembangan game digital.
  12. Social Media Content Creator, yang mengkhususkan diri pada pembuatan konten kreatif untuk sosial media.
  13. Applications Developer, yaitu software developer yang mengkhususkan pada pengembangan aplikasi perangkat lunak baik yang dikembangkan untuk perangkat genggam, seperti tablet dan smartphone atau aplikasi yang disimpan di cloud dan dapat diunduh melalui playstore.

Mahasiswa dinyatakan lulus dari Program Studi Teknik Informatika sesuai dengan kurikulum ini dan memperoleh gelar Sarjana Komputer jika telah memenuhi semua syarat administratif dan program wajib universitas serta memenuhi semua persyaratan berikut:

  1. Telah menempuh dan lulus mata kuliah dengan total sks kumulatif >=144 sks
  2. Memiliki IPK >=2.00
  3. Lulus Masa Orientasi Bersama, program pengembangan softskill Ubaya yang dibuktikan dengan sertifikat dan program pengembangan lainnya yang diatur tersendiri melalui peraturan rektor.
  4. Lulus semua mata kuliah dari 144 sks yang diperhitungkan dengan minimal C.

 

7.6.3.7. Program Information Technology #

Program Description
The Information Technology Program is one of the international programs in the University of Surabaya. The program prepares students to be the leading IT professionals in both national and international levels. The program has been established since 2008 and has already delivered outstanding graduates. The curriculum of the Information Technology Program is designed with 144 credits and all academic subjects given in this program are delivered in English, excluding Pancasila dan Kewarganegaraan, Manusia dan Pengembangan Diri, Literasi Digital, Bahasa Indonesia Akademik, Kewirausahaan dan Inovasi, and Pendidikan Agama.

Career
The career opportunities that the Information Technology graduate can take are:

  • Data Scientist, an analytical data expert with technical data skills to solve complex problems.
  • Machine Learning Engineer, a sophisticated programmer who can develop machines and systems that can learn and apply knowledge without the need to be explicitly programmed.
  • Big Data Engineer, a person who has expertise in exploring large-scale data and is able to manage infrastructure and tools for large-scale data
  • Intelligent System Developer, is someone who has the expertise to develop intelligent systems
  • Research Scientist, a person who has the expertise to design, and conduct research in the field of Data Science and Artificial Intelligence, and analyze information from the results of the research.

 

7.6.3.8. Program Studi Teknik Mesin dan Manufaktur #

A. Profil Teknik Mesin dan manufaktur

Program Studi Teknik Mesin dan Manufaktur adalah program studi Sarjana yang mempelajari perancangan (desain) produk, perancangan proses pembuatan produk (teknologi manufaktur) serta pengelolaan sistem manufaktur (manajemen produksi). Ketiga bidang tersebut merupakan rangkaian keilmuan yang terintegrasi dalam bisnis di industri manufaktur. Industri Manufaktur adalah industri yang mengolah bahan baku menjadi bahan jadi (produk atau komponen), melalui proses desain dan kombinasi berbagai proses perubahan bentuk, seperti: pengecoran, penyambungan, pemesinan, dan pembentukan. Aktifitas sebuah industri manufaktur selalu melalui tahapan-tahapan yang saling bersinergi dengan baik. Tahapan-tahapan yang ada meliputi: identifikasi kebutuhan konsumen, konsep desain, pemilihan bahan baku, analisis teknik dan ergonomi, proses pembuatan, analisis ekonomi dan manajemen produksi. Didasarkan pada kebutuhan industri manufaktur dan seiring dengan perkembangan era Revolusi Industri 4.0, Program Studi Teknik Mesin dan Manufaktur di Fakultas Teknik UBAYA dirancang untuk membangun kompetensi di bidang Desain Produk, Teknologi Manufaktur dan Pengelolaan Sistem Manufaktur di era Revolusi Industri 4.0. Hal ini dilaksanakan untuk dapat berkontribusi dalam mengembangkan Industri Manufaktur masa depan yang berbasis Teknologi Digital dan Otomasi sehingga produk yang dirancang dan dibuat memiliki kualitas tinggi, dapat diterima oleh pasar dan memiliki nilai jual yang kompetitif.

Program studi Teknik Mesin dan Manufaktur membekali mahasiswa dengan kompetensi pada bidang Perancangan Produk dan Proses Pembuatan, salah satunya melalui Computer Aided Design, Manufacturing and Engineering (CAD/CAM/CAE). Dengan teknologi ini mahasiswa membuat digital prototyping mulai dari perancangan konsep dengan pemodelan 3 dimensi produk secara digital, perancangan mekanisme, simulasi dan analisis performasi teknik, pembuatan gambar teknik, perancangan dan analisis proses manufaktur, hingga pembuatan assembly model. Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan penguasaan teknologi Computer Numerical Control (CNC) yang diperlukan dalam pembuatan produk dengan kepresisian dan akurasi yang tinggi. Dalam sistem manufaktur yang melibatkan banyak peralatan, bahan baku, peralatan dan sumber daya lain, mahasiswa dibekali kemampuan untuk merancang dan merekayasa sistem manufaktur untuk dapat meningkatkan produktivitas produksi, kualitas, dan nilai jual produk.

B. Kurikulum
Kurikulum Teknik Mesin dan Manufaktur 2021 dengan keunggulan dalam bidang Desain produk, Teknologi Manufaktur dan Pengelolaan Sistem Manufaktur dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu menyelesaikan problematika industri Manufaktur serta dapat mengembangkan Industri Manufaktur yang berbasis Teknologi Digital dan Otomasi. Kurikulum dirancang dengan 144 SKS (Sistem Kredit Semester) yang dapat ditempuh dengan masa studi normal selama 8 semester atau 4 tahun.

Tujuan dan metode pembelajaran di bidang desain di Program Studi Teknik Mesin dan Manufaktur UBAYA telah disandingkan dengan program sertifikasi di bidang desain rekayasa (engineering design) yang berlaku di industri. Program ini dilaksanakan melalui kerja sama dengan Dassault Systèmes SolidWorks Corporation. Melalui program ini mahasiswa Teknik Mesin dan Manufaktur UBAYA dapat memperoleh sertifikasi CSWA (Certified SOLIDWORKS Associate)-Mechanical Design. Sertifikat CSWA adalah bukti kompetensi di bidang penggunaan dan penerapan software desain rekayasa (engineering design) SOLIDWORKS yang diakui di industri. Sertifikat ini diakui secara international sehingga lulusan Teknik Mesin dan Manufaktur UBAYA memiliki keunggulan dalam berkompetisi di era Revolusi Industri 4.0. Selain teknologi CAD/CAM/CAE dan CNC, pembelajaran juga didukung dengan teknologi 3D Printer dan 3D Scanner.

Selain itu, untuk mendukung proses pembelajaran Teknik Mesin dan Manufaktur memiliki beberapa laboratorium dengan fasilitas sebagai berikut:

  • Software 3D Modeling dan Manufacturing (CAD/CAM: PTC Creo, Solidworks dan MasterCAM)
  • Simulasi Produk dan Analisis Teknik secara Digital (CAE: PTC Creo dan Solidworks)
  • Peralatan Reverse Engineering Design dan Rapid Prototyping (PIXMA 3D Scanner, Rolland Mini Milling, Da Vinci 3D Printer)
  • Peralatan Produksi (Turning Machine, EDM, Milling Machine, Drilling Machine, Grinding Machine, Injection Moulding, Welding, dll)
  • Peralatan Produksi Berbasis Komputer (CNC Machine: CNC Turning, CNC Milling, dan NCWire EDM)
  • Mesin Pengujian Bahan Teknik (Tensile Test Machine, Impact Test Machine, dan Hardness Test Machine)
  • Peralatan Simulasi Konversi energi (Mesin Pendingin, Mesin Hidrolis, dan Turbin)
  • Peralatan Simulasi Casting (Pengecoran) dan Motor Bakar
  • Peralatan Sistem Otomasi dan PLC
  • Peralatan Metrologi Industri

C. Peluang Kerja
Lulusan Teknik Mesin dan Manufaktur memiliki bidang pekerjaan yang sangat luas, baik pada Industri Manufaktur ataupun bisnis dalam bidang Desain Produk dan Teknologi Manufaktur. Semua bidang pekerjaan yang terkait dengan desain produk, desain proses pembuatan ataupun sistem produksi dapat diterapkan pada semua sektor industri. Adapun peluang pekerjaan tersebut antara lain: Engineering Product Designer, Process Planner, Mechanical and Manufacturing Enterpreneur,
Tool Designer, Mould Designer, Engineering Consultant serta peluang bisnis di bidang lain.

Informasi mengenai program studi Teknik Mesin dan Manufaktur juga dapat diakses melalui:
Website : tm.ubaya.ac.id
Facebook : Mesin dan Manufaktur Ubaya
IG : teknikmesindanmanufaktur
Phone : 031-2981397

 

7.6.3.8. KURIKULUM #

7.6.3.8.1. Kurikulum Teknik Elektro 2021 #

Syarat Kelulusan:
Mahasiswa dinyatakan lulus Strata 1 program Intelligent Robotics bila:

  • Telah lulus semua mata kuliah dari semester 1 sampai 8 dengan nilai nisbi minimal C (IPK >= 2.0), dengan sks kumulatif >=144 sks.
  • Lulus Masa Orientasi Bersama dan program pengembangan softskill.
  • Lulus paling sedikit 2 sertifikat mewakili prodi TE pada kompetisi antar Universitas
    (contoh: Program Kreatifitas mahasiswa, kontes robot, dll).
  • Lulus ujian komprehensif.
  • Memenuhi syarat kelulusan dari universitas.

Fasilitas Laboratorium

  • Laboratorium Fisika
  • Laboratorium Analisis Rangkaian
  • Laboratorium Digital
  • Laboratorium Elektronika
  • Laboratorium Jaringan Komputer
  • Laboratorium Telekomunikasi
  • Laboratorium Sistem Tenaga
  • Laboratorium Biomedical Instrumentation
  • Laboratorium Biomedical Imaging
  • Laboratorium Biomedical Therapeutic
  • Laboratorium Mikrokontroler
  • Laboratorium Digital Signal Processing
  • Laboratorium Image Processing
  • Laboratorium Saluran Transmisi dan Antena
  • Laboratorium Sistem Kontrol
  • Laboratorium PLC
  • Laboratorium Elektropneumatik
  • Laboratorium FPGA dan Sistem Embedded
  • Laboratorium 3D Printing
  • Laboratorium Terbuka (Mandiri)
  • MikroTik Academy

Syarat Kelulusan:
Mahasiswa dinyatakan lulus Strata 1 program Wireless Communications bila:

  • Telah lulus semua mata kuliah dari semester 1 sampai 8 dengan nilai nisbi minimal C (IPK>= 2.0), dengan sks kumulatif >=144 sks.
  • Lulus Masa Orientasi Bersama dan program pengembangan softskill.
  • Memiliki minimal 2 sertifikat mewakili prodi TE pada kompetisi antar Universitas
    (contoh: Program Kreatifitas Mahasiswa, Kontes Robot, dll).
  • Lulus ujian komprehensif.
  • Memenuhi syarat kelulusan dari universitas.

Fasilitas Laboratorium

  • Laboratorium Fisika
  • Laboratorium Analisis Rangkaian
  • Laboratorium Digital
  • Laboratorium Elektronika
  • Laboratorium Jaringan Komputer
  • Laboratorium Telekomunikasi
  • Laboratorium Sistem Tenaga
  • Laboratorium Biomedical Instrumentation
  • Laboratorium Biomedical Imaging
  • Laboratorium Biomedical Therapeutic
  • Laboratorium Mikrokontroler
  • Laboratorium Digital Signal Processing
  • Laboratorium Image Processing
  • Laboratorium Saluran Transmisi dan Antena
  • Laboratorium Sistem Kontrol
  • Laboratorium PLC
  • Laboratorium Elektropneumatik
  • Laboratorium FPGA dan Sistem Embedded
  • Laboratorium 3D Printing
  • Laboratorium Terbuka (Mandiri)
  • MikroTik Academy

Syarat Kelulusan:
Mahasiswa dinyatakan lulus Strata 1 program Biomedical Engineering bila:

  • Telah lulus semua mata kuliah dari semester 1 sampai 8 dengan nilai nisbi minimal C (IPK >=2.0), dengan sks kumulatif >=144 sks.
  • Lulus Masa Orientasi Bersama dan program pengembangan softskill.
  • Memiliki minimal 2 sertifikat mewakili prodi TE pada kompetisi antar Universitas
    (contoh: Kreatifitas Mahasiswa, Kontes Robot, dll).
  • Lulus ujian komprehensif.
  • Memenuhi syarat kelulusan dari universitas.

Fasilitas Laboratorium

  • Laboratorium Fisika
  • Laboratorium Analisis Rangkaian
  • Laboratorium Digital
  • Laboratorium Elektronika
  • Laboratorium Jaringan Komputer
  • Laboratorium Telekomunikasi
  • Laboratorium Sistem Tenaga
  • Laboratorium Biomedical Instrumentation
  • Laboratorium Biomedical Imaging
  • Laboratorium Biomedical Therapeutic
  • Laboratorium Mikrokontroler
  • Laboratorium Digital Signal Processing
  • Laboratorium Image Processing
  • Laboratorium Saluran Transmisi dan Antena
  • Laboratorium Sistem Kontrol
  • Laboratorium PLC
  • Laboratorium Elektropneumatik
  • Laboratorium FPGA dan Sistem Embedded
  • Laboratorium 3D Printing
  • Laboratorium Terbuka (Mandiri)
  • MikroTik Academy

7.6.3.8.2. Kurikulum Teknik Kimia 2021 #

Syarat Kelulusan :

  • Lulus mata kuliah minimal 144 SKS
  • Lulus semua mata kuliah wajib
  • IPK >= 2,0
  • Lulus dengan nilai minimal C untuk semua mata kuliah yang diambil
  • Lulus Masa Orientasi Bersama dan program pengembangan softskill

7.6.3.8.3 . Kurikulum Teknik Industri 2021 #

Syarat Kelulusan:

  • Lulus rangkaian kegiatan inisiasi.
  • Lulus mata kuliah minimal 145 SKS yang terdiri dari:
    • Semua mata kuliah wajib = 136 SKS
    • Mata kuliah pilihan = 9 SKS
  • IPK >=2.00
  • Lulus minimum satu mata kuliah KP Z (dengan pengantar Bahasa Inggris)
  • Lulus dengan nilai minimal C untuk SEMUA mata kuliah
  • Skor TOELF: Min. 450
  • Batas masa studi 14 semester

7.6.3.8.4 Kurikulum Teknik Informatika 2021 #

 

 

7.6.3.8.5. Alokasi Mata Kuliah Program Information Sistem Informasi Bisnis 2021 #

7.6.3.8.6. Alokasi Mata Kuliah Program Multimedia 2021 #

 

7.6.3.8.7. Information Technology Courses 2021 #

 

Jalur Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) #

Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) sesuai Peraturan Mendikbud No. 3 Tahun 2020, memberikan hak kepada mahasiswa untuk merasakan pembelajaran pada program studi yang sama di Perguruan Tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di Perguruan Tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar Perguruan Tinggi. Kebijakan ini pada kurikulum Teknik Informatika 2021 dapat dilakukan di sepanjang semester perkuliahan.
Secara khusus pada semester 7 dan 8 mahasiswa diperbolehkan untuk mengambil jalur MBKM di luar Perguruan Tinggi yang dapat di rekognisi maksimal sebanyak 40 sks. Jalur MBKM ini tidak memiliki perkuliahan reguler (kuliah tatap muka di kelas). Sepenuhnya kegiatan mahasiswa akan dilakukan ke dalam salah satu pilihan dari delapan program kampus merdeka sesuai arahan Permendikbud No 3 Tahun 2021 Pasal 15 ayat 1. Delapan pilihan program kampus merdeka tersebut, antara lain:

  1. Pertukaran Pelajar
    Mahasiswa akan belajar lintas kampus (dalam dan luar negeri) dengan tujuan untuk mengembangkan wawasan keilmuannya lintas bahasa, budaya, dan adat istiadat. Mata kuliah yang di rekognisi tergantung dari mata kuliah yang diambil mahasiswa yang bersangkutan di kampus tujuan.
  2. Magang/Praktik Kerja
    Mahasiswa akan mengasah kemampuan hard skills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dan sebagainya), maupun soft skills (etika profesi/kerja, komunikasi, kerjasama, kepemimpinan, dan seterusnya) di lingkungan pekerjaan yang real sehingga membekali mahasiswa untuk siap terjun ke dunia kerja setelah lulus.
  3. Asisten Mengajar
    Mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan dapat memperkaya ilmunya dengan cara mengajar sebagai guru di satuan pendidikan, seperti sekolah dasar, menengah, maupun atas. Sekolah tempat praktek mengajar dapat berada di lokasi kota maupun di daerah terpencil.
  4. Penelitian
    Mahasiswa yang memiliki minat meneliti dapat memperkaya cara berpikir kritis sehingga mahasiswa mendalami, memahami, dan mampu melakukan metode riset secara lebih baik.
  5. Proyek Kemanusiaan
    Mahasiswa akan dilatih agar peka sosial sehingga mampu menyelami permasalahan yang ada serta turut memberikan solusi sesuai dengan minat dan keahliannya masing-masing.
  6. Kegiatan Wirausaha
    Mahasiswa yang memiliki jiwa berwirausaha dapat mengembangkan usahanya lebih dini dan terbimbing sehingga diharapkan dapat mengatasi permasalahan pengangguran intelektual dari kalangan sarjana
  7. Studi /Proyek Independen
    Mahasiswa dapat mewujudkan ide dalam mengembangkan produk inovatif yang berbasis riset sehingga diharapkan dapat meningkatkan prestasi mahasiswa dalam ajang nasional dan internasional
  8. Membangun Desa/KKNT
    Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya dengan bekerjasama bersama pemangku kepentingan, sehingga partisipasi mahasiswa dapat mempercepat pembangunan di wilayah pedesaan bersama dengan Kementerian Desa PDTT.

Jalur MBKM di luar perguruan tinggi tersedia dalam dua jenis yakni MBKM I dan MBKM II. Pada MBKM I mahasiswa akan mengambil 15 sks mata kuliah pilihan khusus MBKM, 3 sks mata kuliah kerja praktek, dan 2 sks mata kuliah capstone dengan total 20 sks. Sedangkan pada MBKM II, mahasiswa akan mengambil 15 sks mata kuliah pilihan khusus MBKM dan 5 sks Tugas Akhir dengan total 20 sks.
Mata kuliah yang akan di rekognisi untuk setiap jenis MBKM, kecuali Pertukaran Pelajar dapat dilihat pada tabel berikut ini:

7.6.3.8.8. Kurikulum Teknik Mesin dan Manufaktur 2021 #

 

7.6.3.8.9. INFORMASI LAIN TENTANG FAKULTAS TEKNIK #

SYARAT UMUM KELULUSAN
Syarat umum kelulusan di semua program studi di Fakultas Teknik adalah sebagai berikut :

  • Telah lulus semua mata kuliah dari semester 1 sampai 8 dengan IPK >= 2.0, dengan SKS kumulatif >= 144 SKS
  • Lulus Masa Orientasi Bersama dan program pengembangan softskill
  • Syarat kelulusan lain ditentukan oleh program studi masing-masing
    Keterangan:

EVALUASI 2 TAHUN I
Merujuk SK Rektor No. 387 tahun 2013, yang salah satu di antaranya mengenai evaluasi 2 (dua) tahun I, jumlah sks yang dikumpulkan mahasiswa selama 2 tahun pertama (empat semester) tanpa BSS/MSS adalah minimal 36 sks dengan IPK >= 2,0 termasuk di dalamnya persyaratan nilai untuk:

  • Teknik Kimia:
    • Kalkulus I (1600C101), minimum D
    • Fisika Mekanika dan Panas (1600B301), minimum D
  • Teknik Industri:
    • Kalkulus I (1600C103), Minimum D
    • Fisika Dasar (1600C301), minimum D
  • Teknik mesin dan Manufaktur :
    • Kalkulus I (1600C101), minimum D
    • Fisika Dasar (1600C301), minimum D

Mahasiswa yang telah mencapai IPK dan jumlah sks yang dimaksud, namun tidak dapat memenuhi persyaratan nilai tersebut di atas akan terkena evaluasi sesuai yang dimaksud keputusan rektor tersebut di atas.

Keterangan :
Dua digit pertama (Kode untuk Fakultas Teknik):16
Digit 3 dan 4 (Kode pengelola matakuliah)

  • kode Fakultas Teknik : 00
  • kode Teknik Elektro : 01
  • kode Teknik Kimia : 02
  • kode Teknik Industri : 03
  • kode Teknik Informatika : 04
  • kode Teknik Manufaktur : 05
  • kode Sistem Informasi : 07
  • kode Multimedia : 08
  • kode Teknik Mesin dan Manufaktur : 10
  • Kode kurikulum : C Kurikulum 2021
  • Kode Matakuliah Umum : Z (yang dikelola oleh MKU, UIH dan Universitas)
  • Kode sifat matakuliah :
    • Kode mata kuliah wajib : 0
    • Kode matakuliah pilihan atau yang dikelola Dept. MIPA: selain 0

Jika Kode Matakuliah Umum (kode digit ke 5) Z, maka 3 digit terakhir merupakan no urut mata kuliah umum

Contoh: 1603C011 PENGANTAR TEKNIK
INDUSTRI (2 SKS,W): mata kuliah yang dikelola oleh Teknik Industri pada kurikulum 2020 yang bersifat wajib posisi di semester 1 urutan 1

 

7.6.3.8.10 TABEL EKIVALENSI KURIKULUM 2020 KE KURIKULUM 2021

 

KERJA PRAKTEK

  • merupakan salah satu proses belajar yang wajib diikuti oleh mahasiswa Fakultas Teknik. Kerja Praktek merupakan kegiatan magang mahasiswa di perusahaan
  • bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui secara langsung penerapan teori dan kendalanya dalam kehidupan nyata
  • tata cara permohonan pelaksanaan Kerja Praktek, format penyusunan laporan minggu-an dan laporan akhir serta penilaiannya diatur secara rinci oleh program studi masing-masing.

TUGAS AKHIR

  • yang dimaksud dengan Tugas Akhir ialah suatu tulisan ilmiah teknik yang disusun berdasarkan hasil perencanaan dan/atau pembuatan sistem/pabrik/alat, penelitian, studi literatur, studi perbandingan dan studi kasus yang disusun oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen
  • obyek dan judul Tugas Akhir dipilih oleh mahasiswa dan disetujui oleh program studi
  • syarat pengajuan Tugas Akhir dan ujian sidang Tugas Akhir diatur oleh program studi

WEB-SITE FAKULTAS TEKNIK
Informasi-informasi lain yang berkaitan dengan fakultas dan jurusan dapat diakses melalui web-site fakultas teknik:
http://teknik.ubaya.ac.id

 

7.6.3.8.11. FASILITAS #

1. Fasilitas Laboratorium

Dalam upaya menunjang kegiatan pembelajaran di lingkungan UBAYA dan sesuai dengan tujuan pendidikan, Fakultas Teknik UBAYA dilengkapi dengan sarana laboratorium. Fungsi laboratorium ini antara lain untuk menunjang teori dan ilmu yang bersangkutan, melatih mahasiswa bereksperimen, sebagai sarana penelitian dan pengembangan.
Laboratorium dan studio yang ada di FT UBAYA adalah sebagai berikut.
Teknik Elektro:

  • Saluran Transmisi dan Antena
  • Jaringan Teleponi
  • Jaringan Komputer
  • Digital Signal Processing
  • Image Processing
  • Mekatronika dan Robotika
  • Mikrokontroler
  • Digital
  • Analisa Rangkaian
  • Elektronika
  • Sistem Kontrol
  • PLC
  • Elektropneumatik
  • Terbuka (Mandiri)
  • FPGA dan Sistem Embedded
  • Telekomunikasi Analog
  • Telekomunikasi Digital
  • Telekomunikasi Nirkabel

Teknik Kimia:

  • Laboratorium Dasar:
    • Laboratorium Fisika
    • Laboratorium Kimia Analitik
    • Laboratorium Kimia Organik
    • Laboratorium Kimia Fisika
  • Laboratorium Teknik Kimia dan penelitian:
    • Laboratorium Satuan Operasi dan Teknologi Proses Kimia
    • Laboratorium Teknologi Bioproses dan Proses Lingkungan
    • Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran
    • Laboratorium Teknik Reaksi Kimia
    • Laboratorium Simulasi dan Pemodelan
    • Bengkel Gelas
    • French-Indonesian Agricultural Laboratory

Teknik Industri:

  • Teaching Industry merupakan pabrik kayu mini dengan ragam mesin kayu konvensional, CNC, dan laser cutting
  • Laboratorium Desain Kerja dan Ergonomi (belt conveyor, anthropometer, ergocycle, eye tracker, x-box, driving simulator, motion capture, 3D printing, dll.)
  • Laboratorium Komputasi
  • Laboratorium Proses Manufaktur
  • Laboratorium Pengujian Bahan Teknik
  • Laboratorium Computer-Aided Design/Computer-Aided Manufacturing (CAD/CAM)
  • Laboratorium Computerized Numerically-Controlled (CNC) Machine.
  • Perangkat Lunak MiniTab, Lingo, EndNote, The Survey System, MAYNARD (Productivity Solutions), Businness Plan Pro, SPSS, Autodesk 3ds Max, MYOB ACCOUNTING, ACCURATE (Accounting software), ProModel v.6, Oracle IBS, FlexSim, Autodesk AutoCAD LT, Mastercam Educational Suite With Art.

Teknik Informatika:
Terdapat 9 kelas komputer yang dilengkapi dengan internet dan beberapa fasilitas seperti multimedia, jaringan komputer dan sebagainya.

Multimedia:

  • Studio Fotografi
  • Studio Gambar
  • Laboratorium Digital Video
  • Laboratorium Digital Audio
  • Laboratorium Digital Graphic Design
  • Laboratorium Computer Animation
  • Pemrograman Internet

Teknik Mesin dan Manufaktur:

  • Laboratorium Desain Produk:
    • Ruang Lab. Pengembangan Produk dan Otomasi Industri
    • Ruang Lab. Pengujian Bahan Teknik
    • Ruang Lab. CAD/CAM/CAE
    • Ruang Lab. Reserve Engineering
  • Laboratorium Sistem dan Teknologi Manufaktur:
    • Ruang Lab. Proses Manufaktur
    • Ruang Lab. Metrologi Industri
    • Ruang Lab. CNC (Computer Numerical Control)
    • Ruang Lab. Konversi Energi
  • Laboratorium Pendukung:
    • Lab. Desain Kerja dan Ergonomi
    • Lab. Fisika

 

7.6.3.8.11.2. Penunjang Akademik

Asistensi
Jika dianggap perlu, kelas asistensi dibuka untuk menunjang proses pembelajaran dalam perkuliahan. Beban studi kegiatan asistensi ini 0 sks, karena asistensi merupakan kegiatan akademik terstruktur yang bebannya sudah termasuk dalam beban studi mata kuliah. Oleh sebab itu presensi pada asistensi sifatnya tidak wajib, walaupun dosen dapat mengambil komponen penilaian dari kegiatan ini. Kegiatan asistensi terbagi dalam tiga jenis:

Responsi:
Kegiatan dalam kelas yang diasuh oleh dosen, asisten mahasiswa untuk memberikan latihan soal-soal kepada mahasiswa peserta mata kuliah yang bersangkutan.
Ruang praktikum:
Kegiatan diskusi antar-mahasiswa dibimbing oleh seorang asisten mahasiswa. Bahan diskusinya berkisar pada tugas-tugas, jawaban tes, dan sejenisnya dari mata kuliah yang bersangkutan. Diskusi tidak selalu dilakukan di dalam kelas, tetapi dapat juga dilakukan di laboratorium karena pada ruang praktikum terdapat asisten jaga praktikum (stand-by assistant) yang terjadwal.

Praktikum:
Kegiatan asistensi yang berlangsung bersama-sama dengan praktikum. Tujuan asistensi ini adalah untuk membantu mahasiswa mengatasi masalah teknis yang dihadapi selama praktikum.
Asisten mahasiswa bertugas atas dasar penunjukan oleh jurusan/departemen, mereka diangkat oleh rektor dan mempunyai rincian tugas sebagai berikut.

  • Asisten responsi
    • memberikan latihan soal dan penjelasannya (responsi)
    • membimbing diskusi mahasiswa (studio)
    • membantu dosen dalam pengadaan tes harian
    • melakukan koordinasi materi asistensi dengan dosen pengajar atau dosen koordinator mata kuliah.
  • Asisten praktikum
    • membantu mahasiswa menghadapi per-masalahan teknis praktikum
    • membantu dosen dalam pelaksanaan praktikum
      Dengan tugas-tugasnya itu asisten mahasiswa diberi honorarium oleh universitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Syarat-syarat menjadi asisten mahasiswa di FT UBAYA
  • IPK >= 2,75
  • Minimal telah menyelesaikan 72 sks
  • Bersedia mengikuti penataran asisten yang diselenggarakan oleh Universitas pada kesempatan pertama
  • beban studi + beban asistensi = 26 sks

3. Lembaga Kemahasiswaan
Merupakan wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendekiawanan, serta integritas kepribadian. Lembaga kemahasiswaan di Fakultas Teknik terdiri atas:

  • Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik (DPM-FT)
  • Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM-FT)
  • Kelompok Studi Mahasiswa (KSM), wadah kegiatan bidang penalaran dan keilmuan, di antaranya:
    • KSM Teknik Elektro
    • KSM Teknik Kimia
    • KSM Teknik Industri
    • KSM Teknik Informatika
    • KSM Teknik Mesin dan Manufaktur
  • Kelompok Minat Mahasiswa (KMM), wadah kegiatan bidang minat, kegemaran, dan olahraga, di antaranya:
    • KMM Foto dan Media
    • KMM Pengabdian Pada Masyarakat
    • KMM Radio Kampus
    • KMM Sport

 

7.6.3.8.12. STRUKTUR ORGANISASI dan PERSONALIA

1. Struktur Organisasi

2. Personalia

Dekan : Ir. Eric Wibisono, Ph.D., IPU
Wakil Dekan : Dr. Ir. Susila Candra, M.T., IPM

Ketua Program Studi:

  • Teknik Elektro : Hendi Wicaksono Agung Darminto, S.T., M.T., Ph.D., CIQaR.
  • Teknik Kimia    : Dr. Aloisiyus Yuli Widianto, S.T., M.Sc.
  • Teknik Industri : Gunawan, S.Si., M.B.A., Ph.D.
  • Teknik Informatika : Dr. Joko Siswantoro, S.Si., M.Si.
  • Teknik Mesin & Manufaktur : Dr. Ir. Yuwono Budi Pratiknyo, S.T., M.T., C.EIA., IPM.
  • Magister Teknik Industri : Dr. Ir. Amelia Santoso, M.T., IPU.

Manajer Administrasi Fakultas : Evi Valencia Eka Hardini, S.Sos.

 

7.6.3.8.13. TENAGA KEPENDIDIKAN
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SURABAYA
DAN BIDANG KEAHLIANNYA #

 

1. DOSEN TETAP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. DOSEN TIDAK TETAP

3. DOSEN MKU

 

 

Powered by BetterDocs