Bagian IX FAKULTAS BISNIS dan EKONOMIKA

7.3.1. PENDAHULUAN #

1. Sejarah Singkat
Fakultas Bisnis dan Ekonomika merupakan salah satu fakultas pertama di lingkungan Universitas Surabaya (UBAYA), sebuah universitas swasta yang didirikan pada tanggal 11 Maret 1968 dengan nama Fakultas Ekonomi (FE). Transformasi FE menjadi FBE diresmikan sejak tanggal 24 Agustus 2009. Pergantian nama ini diperlukan dalam rangka mendukung strategi internasionalisasi UBAYA secara umum maupun FBE secara khusus yang telah dikembangkan sejak 1995. Saat ini FBE UBAYA telah menjadi anggota asosiasi sekolah bisnis dunia yaitu ABEST 21 dan AAPBS, sekaligus secara bertahap mengadopsi standar pembelajaran sekolah bisnis kelas dunia.
Awal berdirinya, fakultas ini betul-betul kekurangan sumber daya, baik finansial, infrastruktur maupun tenaga pengajar. Namun dengan idealisme dan semangat juang yang tinggi dari para pendirinya (sebagian kalangan birokrat, militer dan pengusaha) serta para sivitas akademika pertama, FBE mampu untuk bertahan dan akhirnya berkembang sampai dengan saat ini menjadi salah satu fakultas ekonomi terbesar dan terbaik di tingkat nasional.
Tantangan untuk tetap bertahan dan bertanggung jawab terhadap misi pendidikan nasional dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, terpacu oleh sikap dan tekad serta gagasan besar pengurus yayasan serta pimpinan Universitas/Fakultas saat itu yaitu diibaratkan mampu terbang dengan sayapnya sendiri serta mempunyai kepercayaan guna menghadapi tantangan masa depan.
Selain itu nilai yang sangat fundamental yang terdapat pada Fakultas Bisnis dan Ekonomika pada awal perkembangannya adalah berbaurnya kaum muda Indonesia yang datang dari berbagai latar belakang sosial ekonomi, etnis dan agama dalam ikatan persaudaraan dan kesatuan yang kukuh.
Berbagai nilai fundamental inilah yang merupakan warisan para pendiri dan terpelihara terus sampai sekarang, selain nilai-nilai profesionalisme sebagai kebutuhan mutlak dalam mengantisipasi perubahan yang ada. Penghargaan terhadap pluralisme maupun humanisme merupakan hal yang dijunjung tinggi, baik oleh mahasiswa, dosen maupun staf administrasi di FBE maupun di Universitas.
Berdasarkan sejarah itulah, FBE mempunyai ikatan tradisional yang kuat dan panjang dengan dunia usaha/ masyarakat bisnis dan industri serta dengan kalangan pemerintahan dan lapisan masyarakat lainnya yang mempunyai perhatian tinggi pada dunia pendidikan di Indonesia. Saat ini Fakultas Bisnis dan Ekonomika mempunyai sekitar 2.226 mahasiswa aktif yang tersebar pada tiga program studi. Di samping itu, FBE telah memiliki sekitar 84 tenaga kependidikan. Mayoritas dosen di FBE telah memiliki gelar pascasarjana (Master dan Doktor) dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di dalam maupun di luar negeri (Amerika Serikat, UK, Australia, Belanda, dan Filipina).
Hingga saat ini, proses pembelajaran di FBE telah menghasilkan lebih dari 18.576 lulusan. Banyak di antaranya yang menduduki posisi manajemen senior, baik pada perusahaan nasional maupun multinasional, pengusaha sukses, pemerintahan, maupun menjadi dosen di berbagai universitas terkemuka di dalam maupun di luar negeri. Secara institusi, FBE juga telah banyak menjalin hubungan dengan berbagai perusahaan besar, menengah, kecil, dalam hal pemberian training, penelitian, rekrutmen lulusan, dan sebagainya.

2. Semangat Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
FBE UBAYA bertekad untuk menjadi sebuah institusi pendidikan tinggi yang merupakan benchmark baik secara nasional maupun internasional dalam pengembangan kualitas akademik, hubungan bisnis dan industri, dan jejaring global. Untuk itu, pengajaran dan penelitian di lingkungan FBE diorientasikan ke isu-isu bisnis dan ekonomi aktual di tingkat nasional maupun internasional (khususnya lingkungan Asia Pasifik). Ini menciptakan sebuah keunikan tersendiri dari materi pengajaran yang ada serta kompetensi lulusannya.
FBE UBAYA memiliki tata nilai dan budaya Knowledge, Wisdom and Integrity.
Knowledge; FBE Ubaya sebagai masyarakat ilmiah bertekad untuk meningkatkan kinerja akademis baik secara individu maupun institusi di tingkat nasional maupun internasional.
Wisdom; FBE ubaya bertekad menjadi institusi yang mampu mencetak individu-individu yang tidak hanya mumpuni secara akademik namun juga punya kearifan dalam berfikir serta bertindak, sehingga dapat membawa pencerahan dan kemaslahatan bagi masyarakat luas.
Integrity; FBE Ubaya di tengah-tengah perguruan tinggi lain yang juga berbenah diri bertekad menjadi institusi yang memiliki dan mencetak individu-individu yang punya komitmen tinggi terhadap profesi masing-masing.

 

7.3.2. VISI DAN MISI FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA #

1. Visi:
Menjadi sekolah bisnis unggul yang berkomitmen pada pengembangan etika, profesionalisme, dan jiwa kepemimpinan (To be an excellent business school committed to human development with ethics, professionalism and leadership).

2. Misi:
FBE mentransformasikan kehidupan dan melayani masyarakat melalui pembelajaran holistik dan inovatif berbasiskan pengetahuan, kebijaksanaan dan integritas (FBE transfoms lives and serve society by holistic and innovative learning based on knowledge, wisdom and integrity).

 

7.3.3.  PROGRAM STUDI #

Materi yang diajarkan di Fakultas Bisnis dan Ekonomika sangat menekankan pada kombinasi wawasan dunia praktik (pengusaha dan eksekutif perusahaan) dan akademik. Saat ini ada tiga Program Studi dalam lingkup Fakultas Bisnis dan Ekonomika yaitu Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi serta Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA). Setiap Program Studi memiliki beberapa konsentrasi/peminatan dimana mata kuliah yang ditawarkan akan memberikan bekal khusus tambahan sesuai konsentrasi tersebut yang akan berguna bagi mahasiswa setelah mereka lulus dan memasuki dunia kerja nantinya.

  • Program Studi Ekonomi Pembangunan
    Ekonomi Pembangunan menawarkan berbagai pilihan karir yang menarik. Lulusan Ekonomi Pembangunan sebagian besar bekerja di bidang keuangan, perbankan, organisasi nir laba, pemerintahan, perusahaan digital, perusahaan ekspor impor, dan berwirausaha dalam ekonomi digital baik perusahaan nasional maupun multinasional. Secara luas, Ekonomi Pembangunan mempelajari perilaku manusia yang bertujuan menemukan solusi dalam rangka meningkatkan kehidupan masyarakat. Mahasiswa mempunyai banyak kesempatan untuk mengasah kemampuan melalui penelitian. Salah satunya melalui Kelompok Studi Mahasiswa, yang memfasilitasi kerjasama antara mahasiswa dengan dosen peneliti.
    Kurikulum Program Studi Ekonomi Pembangunan juga menerapkan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang memberi kesempatan bagi mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar(hardskill dan softskill) secara langsung ke pelaku usaha dan masyarakat selama dua semester dengan harapan mahasiswa lebih percaya diri dan mudah beradaptasi ketika memasuki dunia kerja dan karir. Sekitar 10 persen alumni melanjutkan studi lanjut di bidang ekonomi maupun keuangan di luar negeri. Beberapa lulusan bahkan memilih tinggal dan berkarya di luar negeri untuk mengembangkan cultural intelligence-nya. Apapun tujuan mereka, Ekonomi Pembangunan memberikan landasan yang baik untuk bekerja di berbagai bidang dengan sesama akademisi dalam lingkungan intelektual yang menantang.
  • Program Studi Manajemen
    Program Studi Manajemen mempelajari bagaimana sebuah organisasi menghasilkan barang atau jasa melalui siklus perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, dan pengendalian untuk mencapai tujuan organisasi. Saat ini ada enam konsentrasi/peminatan yang ditawarkan yaitu: (1) Creative Digital Marketing, (2) Finance, Invesment and Financial Intermediaries, (3) Entrepreneurship and Human Recource Empowerment, (4) Business Networking, (5) Hospitality and Tourism, (6) Entrepreneurial Marketing serta program kekhususan, (7) Digital Business Innovation, (8) International Business Networking.
    Lulusan program studi Manajemen mempunyai kesempatan untuk mengembangkan jenjang karir dalam bidang-bidang antara lain manajemen dana, analis saham, manajer sekuritas, konsultan manajemen, eksekutif pemasaran, riset pasar dan pengembangan produk, eksekutif senior di bidang industri jasa, pariwisata, transportasi, manufaktur dan perdagangan, eksekutif untuk pengembangan sumber daya manusia, dan pelaku bisnis.
  • Program Studi Akuntansi
    Program Studi Akuntansi mempelajari tentang penyajian informasi bisnis dan bagaimana informasi tersebut digunakan. Informasi bisnis ini bisa bersifat keuangan dan non keuangan. Setiap organisasi, baik bisnis dan non profit akan membutuhkan untuk mengimplementasikan praktik akuntansi. Bahkan setiap individu juga harus melaporkan laporan perpajakan untuk pemerintah. Adapun konsentrasi atau peminatan yang ada di dalam Jurusan Akuntansi Ubaya (JAU) adalah (1) Financial Accounting and Analysis, (2) Audit and Assurance (3) Strategic Tax Advisory, (4) Grreenovation Accounting (5) Program Kekhususan Professional Accounting. Secara umum, kurikulum JAU memiliki tema adaptive accounting, akuntansi yang beradaptasi dengan lingkungan. Lulusan PSAU ini dipersiapkan untuk menjadi Professional Accountants, yang memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip dan standar akuntansi serta mampu menyusun, menganalisis, dan menginterpretasikan laporan keuangan secara akurat sesuai dengan regulasi yang berlaku. Selain itu, lulusan juga dapat berkarier sebagai Auditors, baik sebagai auditor internal di perusahaan maupun auditor eksternal di Kantor Akuntan Publik (KAP). Dalam peran ini, mereka dibekali dengan keterampilan dalam melakukan pemeriksaan keuangan, mengidentifikasi risiko, serta memberikan rekomendasi perbaikan yang mendukung transparansi dan akuntabilitas suatu entitas. Selain itu, lulusan memiliki peluang untuk menjadi Tax Practitioners, yang memiliki keahlian dalam perpajakan, mulai dari kepatuhan pajak, perencanaan pajak, hingga penyelesaian sengketa pajak. Dengan pemahaman tentang regulasi pajak yang selalu berkembang, lulusan dapat membantu individu maupun perusahaan dalam mengelola kewajiban perpajakan secara efektif dan efisien. Karier sebagai Corporate Accountants juga menjadi pilihan yang menarik setalah lulus dari PSAU, di mana lulusan tersebut bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan perusahaan, pelaporan manajerial, serta analisis keuangan untuk pengambilan keputusan strategis.

7.3.4. Faculty of Business and Economics UBAYA has two International Programs: International Business Networking (IBN) Program and Professional Accounting (PA) Program. #

  • International Business Networking (IBN) (Single Degree and Dual Degree)
    International Business Networking (IBN) program covers of international and networking aspect of Business and Management. This program is designed to prepare students to be competitive global business leader with two core competencies of hard and soft skills. Hard skills consist of competencies in strategic aspect of core courses International Business Law; Global Value Chain; Global Operation Management; IBN Seminar, and Institutional Finance, Market and Fintech. Soft skills consist of work in teams to find business solutions; internalize the value, norms, and ethics; having social sensitivity;respect cultural diversity; obey law and discipline in the life.
    The IBN program offers 2 (two) options of Single Degree Program from UBAYA or Double Degree program with some reputable partner universities worldwide. The Single Degree program allows students to study one or two semesters at UBAYA’s partner universities worldwide under the students Exchange Program. The Double Degree program students earn two bachelor degrees in business related from UBAYA and one foreign partner university. In general, the double degree program requires students studying at UBAYA for 5 semesters and at one university partner for two or more semesters.
  • Professional Accounting (PA) (Single Degree and Dual Degree)
    Professional Accounting (PA) program covers international and professional aspect of Accounting. This program is designed to prepare students to be internationally recognized accountants with two core competencies hard and soft skills. Hard skills consist of competencies of core courses in Professional Accounting, and Accounting in Multi National Corporations. Soft skills consist of teamwork;internalize the value, norms, and ethics; having social sensitivity;respect cultural diversity;obey law and discipline in the life. The PA program offers 2 (two) options of Single Degree Program from UBAYA or Double Degree Program with some reputable partner universities worldwide. The Single Degree Program allows students to study one or two semesters at UBAYA’s partner universities worldwide under the students Exchange Program. The Double Degree program students earn two bachelor degrees in accounting related from UBAYA and one foreign partner university. In General, the double degree program requires students studying at UBAYA for 5 semesters and at one partner university for two or more semesters.
  • Package system for International Program of FBE UBAYA
    International Program students are not using full semester credit unit like the other regular students do. The International students will take the subjects based on the package for each semester. The package for each semester will be fixed. If the students do not pass the prerequisites subjects, of course they can not take the next sequence subjects. In this case, the student will have extra credit unit (for blocked subject). The extra credit could be used for taking other subjects (electives, retake the subjects that have not pass, or other subjects that do not have prerequisites).
    Each semester before the classes begin, the students need to fill up the study plan (Kartu Studi/KS). For the International Program students, they also need to do the same process as the regular students do. But since the International students have package for each semester, they just need to confirm the package. Without confirming the package, the International Program students can not have their KS. If they have extra credit as mentioned above, the can take other subjects by following the same procedures as the regular students. The procedures will be called as study plan revision (prosedur batal/tambah).
    Other things that has not been included in the above explanation, will be regulated in the separate rules.
  • Pendidikan Profesi Akuntansi
    Program PPAk FBE UBAYA adalah salah satu program profesi akuntansi pertama di Indonesia yang mendapatkan ijin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Tinggi dan Komite Evaluasi dan Rekomendasi PPAk – Ikatan Akuntan Indonesia (KERPPA-IAI) sejak Desember 2002. Terbuka bagi lulusan S-1 Akuntansi, program PPA menawarkan pendidikan profesional untuk mendapatkan nomor register akuntan/gelar Ak (Akuntan) yang dapat digunakan untuk mengikuti Ujian Negara dalam rangka mendapatkan sertifikat Akuntan Publik. Sampai dengan awal tahun 2014, PPAk telah meluluskan delapan belas angkatan dengan total mahasiswa sekitar 212 orang.

 

7.3.5. PROGRAM PENDIDIKAN #

1. Kurikulum
Program sarjana adalah jenjang pertama dari program gelar dalam program pendidikan tinggi yang mempunyai beban studi kumulatif minimal 144 sks dan maksimal 160 sks, dengan lama studi kumulatif antara 7-14 semester di atas Sekolah Menengah Atas (SMA). Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA menetapkan beban studi kumulatif untuk program sarjana sebesar 144 sks, terdiri atas MKWSJ (Mata Kuliah Wajib Semua Program Studi), MKWJ (Mata Kuliah Wajib Program Studi), MKWK( Mata Kuliah Wajib Konsentrasi), MKP (Mata Kuliah Pilihan).

BEBAN STUDI (sks) JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN JURUSAN MANAJEMEN JURUSAN AKUNTANSI
MKWSJ 53 53 30
MKWJ 60 67 97
MKWK 19 15 9
MKP 12 9 8

Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA dinyatakan Lulus dalam program sarjana, bila:

  • telah menempuh seluruh mata kuliah wajib (baik itu wajib seluruh Program Studi, wajib Program Studi maupun wajib konsentrasi) dan pilihan dengan total sekurang-kurangnya 144 sks, termasuk Skripsi atau LKL*
  • mahasiswa bisa memilih:
    • Skripsi (6 sks) bisa juga melalui mekanisme Ekuivalensi Karya dan Prestasi Mahasiswa (EKPM) sesuai SK Rektor nomor 026 tahun 2022 atau
    • Laporan Kerja Lapangan (6 sks)
  • IP Kumulatif minimal 2,00
  • jumlah nilai D maksimal 20% dari total sks yang diambil
  •  jumlah maksimal yang bernilai D dari mata kuliah wajib Program Studi, dan mata kuliah wajib konsentrasi dan mata kuliah pilihan maksimal sebanyak 3 mata kuliah.
  • Nilai minimal C untuk mata kuliah berikut ini sebagai syarat kelulusan:
    • Pendidikan Agama
    • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    • Metode Penelitian
    • Skripsi / LKL

Batas waktu untuk menyelesaikan program sarjana maksimal 14 semester (termasuk BSS/MSS) dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan tentang evaluasi studi seperti yang tercantum dalam buku Pedoman UBAYA.

2. Skripsi/LKL

a. Penulisan

Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA diperkenankan menyusun skripsi/LKL, bila:

    • Untuk Program Studi Ekonomi Pembangunan
      Lulus mata kuliah Metodologi Penelitian dengan nilai minimal C dan Ekonometrika Terapan dengan nilai minimum D, lulus kegiatan inisiasi mahasiswa baru yang meliputi Masa Orientasi Bersama (MOB) dan Growing Personal Best (GPB)
    • UntukProgram Studi Manajemen
      Lulus mata kuliah Metodologi Penelitian dengan nilai minimal C, lulus kegiatan inisiasi mahasiswa baru yang meliputi Masa Orientasi Bersama (MOB) dan growing personal best (GPB)
    • Untuk Program Studi Akuntansi
      Sebelum ujian skripsi mahasiswa wajib dinyatakan lulus ujian komprehensif, dengan catatan sebagai berikut:

      1. Materi ujian terdiri dari empat matakuliah (Akuntansi Keuangan dan Audit Keuangan & Asurans, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, dan Perpajakan).
      2. Materi ujian diberikan oleh empat orang dosen penguji.
      3. Nilai rata-rata minimal dari semua (empat) penguji untuk lulus ujian komprehensif adalah 55.

b. Ujian Skripsi/LKL

    • Lulus ujian komprehensif
    • Memiliki kompetensi berbahasa Inggris setara nilai TOEFL minimal 450 yang dibuktikan dengan sertifikat dari Pusat Bahasa.

c. Ekuivalensi Karya dan Prestasi mahasiswa
Ekuivalensi atau kesetaraan pengakuan karya dan prestasi mahasiswa (EKPM) yang disetarakan dengan bobot sks/nilai mata kuliah atau skripsi/tugas akhir merujuk pada SK Rektor Nomor 026 tahun 2022.

3. Tata Cara dan Kegiatan Akademik
Dalam melaksanakan proses studi di Fakultas Bisnis dan Ekonomika prosedur dan kegiatan akademik yang perlu diperhatikan adalah: Perencanaan Studi dan Bimbingan Akademik, Kuliah dan Asistensi, Ujian dan Evaluasi Studi, Pemilihan Konsentrasi, Lain-lain.

a. Perencanaan Studi dan Bimbingan Akademik

  • Karakteristik
    • rasio yang besar antara jumlah mahasiswa dengan Pendamping Akademik, maka perlu pemahaman yang baik tentang Pedoman Akademik Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA
    • Proses perencanaan studi yang berbeda antara mahasiswa semester I dan bukan semester I.

Khusus untuk Mahasiswa Akuntansi Semester I
Secara paket 20 sks, mata kuliah dan kelas ditetapkan

Manusia & Pengembangan Diri

3

Literasi Digital

2

Communicative English

2

Ekonomi Mikro untuk Akuntansi

2

Ekonomi Makro untuk Akuntansi

2

Pengantar Model Bisnis

3

Pengantar Akuntansi 1

3

Pancasila dan Kewarganegaraan

3

TOTAL

20

Mahasiswa semester II: jumlah SKS maksimal 20, materi kuliah dan kelas bisa pilih sendiri.

Mahasiswa Bukan Semester II

Jumlah sks disesuaikan dengan porsi kreditnya masing-masing, mata kuliah dan kelas bisa dipilih sendiri.

  • mahasiswa wajib memperhatikan dan mematuhi semua peraturan akademik yang berlaku di Fakultas Bisnis dan Ekonomika yang terdapat pada pedoman mahasiswa, serta selalu berkonsultasi dengan academic advisor. Konsekuensi pelanggaran atas peraturan akademik tersebut, akan menjadi tanggung jawab mahasiswa yang melakukan pelanggaran
  • mahasiswa diwajibkan membawa lembaran bagan alur mata kuliah yang telah diisi lengkap sampai dengan semester terakhir pada saat perencanaan studi
  • mahasiswa wajib memperhatikan pengumuman perencanaan studi setiap hari sampai masa perencanaan studi selesai secara tuntas untuk menghindari terjadinya hal-hal yang dapat merugikan mahasiswa sendiri
  • bimbingan akademik berlangsung sepanjang masa studi
  • pentingnya perencanaan akademik secara strategis

Prosedur Perencanaan Studi FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA UBAYA
Mahasiswa Bukan Semester I

 

b. Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)
Mata kuliah rekognisi diajukan melalui myUbaya dan distujui oleh tim konversi. Adapun tata cara pelaksanaan dan prosedur merujuk pada panduan MBKM FBE – Ubaya.

c. Kuliah dan Asistensi

  • Kuliah
    • umum
      • mematuhi peraturan & tata tertib kuliah sesuai surat keputusan Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA Nomor 828/FE/1995 yang isinya antara lain:
          • hadir tepat waktu, batas keterlambatan 20 menit
          • menempati ruang kuliah sesuai jadwal dan DPMT
          • mengisi presensi DPMT dengan membubuhkan tanda-tangan dan dilarang keras menandatangani DPMT mahasiswa lain
          • wajib menjaga ketertiban dan dinamika perkuliahan
          • berpakaian rapi dan bersikap sopan sesuai ketentuan SK Rektor
      • mengikuti kuliah secara efektif
      • memperhatikan konsekuensi SKS dan pola kuliah di Fakultas Bisnis dan Ekonomika
        pelanggaran terhadap peraturan ini dikenai sanksi oleh fakultas
  • jadwal
    Jadwal kuliah sebagai berikut:
    Senin s.d. Jumat :

        • 07.00 – 09.30
        • 09.45 – 12.15
        • 13.00 – 15.30
        • 15.40 – 18.10
        • 18.30 – 21.00
  • Asistensi
    Proses asistensi

    • merupakan bagian integral bagi mata kuliah
    • dilaksanakan terhadap berbagai mata kuliah yang sangat memerlukan penguasaan secara psikomotorik dan praktikum
    • nilai asistensi akan diperhitungkan 10-35% dari nilai UTS dan/atau UAS
    • kehadiran diperhitungkan dalam nilai asistensi

d. Ujian dan Evaluasi Studi

  • Mematuhi peraturan dan tata tertib ujian (UTS/UAS) dan ujian skripsi/LKL yang berlaku.
    • UTS/UAS
      • hadir lebih awal atau keterlambatan maksimal 15 menit
      • menempati ruang dan kursi yang telah ditentukan
      • berpakaian rapi dan bersepatu sesuai ketentuan (baju berkerah dan sepatu tertutup)
      • meletakkan tas, buku dan perlengkapan lain pada tempat yang ditentukan
      • membawa KTM
      • dilarang keras berbuat kecurangan selama ujian
        pelanggaran terhadap peraturan ini dikenai sanksi oleh fakultas
    • ujian skripsi/LKL
      • memenuhi persyaratan administrasi/akademik
      • mahasiswa berkemeja lengan panjang dan berdasi, celana gelap dan jaket almamater
      • mahasiswi: rok-blus dan jaket almamater
      • wajib hadir lebih awal, serta mengikuti ujian sampai selesai
      • lulus ujian komprehensif
        pelanggaran terhadap peraturan ini dikenai sanksi oleh fakultas
  • menyadari bahwa evaluasi dari proses belajar secara kumulatif (sesuai dengan pedoman mahasiswa UBAYA)

e. Pemilihan Konsentrasi Program Studi

  • sebelum memilih, harus memahami benar karakteristik setiap konsentrasi di Program Studi
  • pemilihan harus disesuaikan dengan minat dan bakat

 

7.3.6. Alur Mata Kuliah dan Silabus #

a. Struktur dan Pola Hubungan Antar-Mata Kuliah

 

b. Daftar Mata Kuliah Beserta Mata Kuliah Prasyarat

  • Program Studi Ekonomi Pembangunan
  • Program Studi Manajemen
  • Program Studi Akuntansi

 

Mata Kuliah Wajib Fakultas (MKWF)

No.

Kode MK Nama Mata Kuliah SKS

Mata Kuliah Prasyarat

1 1000C003 Pendidikan Agama Protestan

3

2 1000C004 Pendidikan Agama Katholik
3 1000C005 Pendidikan Agama Islam
4 1000C006 Pendidikan Agama Hindu
5 1000C007 Pendidikan Agama Buddha
6 1000C008 Pendidikan Agama Khong Hu Cu
7 1300E06B Bahasa Indonesia Akademik

2

8 1301Z001 Kewirausahaan dan Inovasi

3

9 1303Z002 Pancasila dan Kewarganegaraan

3

10 1300A05B/1300A04B Skripsi/LKL

6

Metodologi Penelitian (1303AW61) / (1300A06B)

Nilai min. C

11 1303AW14 Pengantar Akuntansi I

3

12 1300A02B Hukum dan Etika dalam Bisnis

3

13 1303Z012 Manusia dan Pengembangan Diri

3

14 1303Z013 Literasi Digital

2

15 1303Z014 Communicative English

2

TOTAL

30

 

Mata Kuliah Wajib Program Studi Akuntansi

No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat
1 1303AW11 Pengantar Model Bisnis 3
2 1303AW12 Ekonomi Makro untuk Akuntansi 2
3 1303AW13 Ekonomi Mikro untuk Akuntansi 2
4 1303AW31 Analitik dan Visualisasi Data Bisnis 3 Sistem Informasi Akuntansi (1303MW24) / (1303A10A)
5 1303AW51 Statistika untuk Akuntansi 3 Minimal 60 SKS
6 1303AW61 Metodologi Penelitian 3 Bahasa Indonesia Akademik (1300E06B) minimal 88 SKS (Jika IPK ≥ 3) atau minimal 94 SKS (Jika IPK<3)
&
Statistika Untuk Akuntansi (1303AW51)
Bahasa Indonesia Akademik (1300E06B) minimal 88 SKS (Jika IPK ≥ 3) atau minimal 94 SKS (Jika IPK<3)
&
Statistika II (1300M03B)
7 1303FW21 Manajemen Keuangan 3 Pengantar Model Bisnis (1303AW11)
Manajemen Bisnis (1300M01B)
8 1303FW22 Pengantar Akuntansi II 3 Pengantar Akuntansi I (1303AW14) / (1300A01B)
9 1303FW32 Investasi dan Pasar Modal 3 Manajemen Keuangan (1303FW21)
Manajemen Keuangan dan Investasi (1300M02B)
10 1303FW33 Akuntansi Keuangan Menengah I 3 Pengantar Akuntansi II (1303FW22) / (1303A01A)
11 1303FW41 Audit Keuangan dan Asurans I 3 Pengantar Akuntansi II (1303FW22)/(1303A01A) Nilai min. D
&
Sistem Informasi Akuntansi (1303MW24) / (1303A10A)
Nilai min. D
12 1303FW42 Akuntansi Keuangan Menengah II 3 Akuntansi Keuangan Menengah I
(1303FW33)/(1303A02A)
13 1303FW43 Akuntansi Keuangan Lanjutan I 3 Akuntansi Keuangan Menengah I
(1303FW33)/(1303A02A)
14 1303FW52 Audit Keuangan dan Asurans II 3 Audit Keuangan dan Asurans I (1303FW41)
Akuntansi Keuangan Menengah I (1303FW33)
15 1303FW53 Akuntansi Keuangan Strategis 3 Akuntansi Keuangan Menengah II
(1303FW42)/(1303A06A)
16 1303FW54 Akuntansi Keuangan Lanjutan II 3 Akuntansi Keuangan Lanjutan I
(1303FW43)/(1303A09A)
17 1303FW55 Pelaporan Keuangan Berbasis Digital 3 Akuntansi Keuangan Menengah II
(1303FW42)/(1303A06A)
18 1303FW62 Isu Kritis dalam Audit Keuangan 3 Audit Keuangan dan Asurans II (1303FW52)
Pemeriksaan Akuntan II (1303A17A)
19 1303MW23 Akuntansi Biaya 3 Pengantar Akuntansi I (1303AW14)/(1300A01B)
20 1303MW24 Sistem Informasi Akuntansi 3 Pengantar Akuntansi I (1303AW14)/(1300A01B)
21 1303MW34 Akuntansi Manajemen 3 Akuntansi Biaya (1303MW23)/(1303A03A)
22 1303MW35 Sistem Informasi Manajemen 3 Sistem Informasi Akuntansi (1303MW24)/(1303A10A)
23 1303MW36 Sistem Informasi Akuntansi Lanjutan 3 Sistem Informasi Akuntansi (1303MW24)/(1303A10A)
24 1303MW44 Akuntansi Sosial dan Lingkungan 3 Akuntansi Manajemen (1303MW34)
25 1303MW45 Pemrograman Dasar untuk Akuntan 3 Sistem Informasi Akuntansi Lanjutan (1303MW36)
&
Sistem Informasi Manajemen
(1303MW35)/(1303A16A)
Statistika I (1300E07B)
&
Sistem Informasi Manajemen
(1303MW35)/(1303A16A)
26 1303MW46 Akuntansi Manajemen Lanjutan 3 Akuntansi Manajemen (1303MW34)/(1303A07A)
27 1303MW56 Manajemen Strategis dan Kepemimpinan 3 Pengantar Model Bisnis (1303AW11)
&
Hukum dan Etika dalam Bisnis (1300A02B)
Manajemen Bisnis (1300M01B)
&
Hukum dan Etika dalam Bisnis (1300A02B)
28 1303MW57 Sistem Pengendalian Manajemen 3 Akuntansi Manajemen (1303MW34)/(1303A07A)
29 1303MW63 Audit Internal 3 Sistem Informasi Manajemen
(1303MW35)/(1303A16A)
&
Audit Keuangan dan Asurans II (1303FW52)
Sistem Informasi Manajemen
(1303MW35)/(1303A16A)
&
Pemeriksaan Akuntan II (1303A17A)
30 1303MW64 Audit Sistem Informasi 3 Sistem Informasi Manajemen
(1303MW35)/(1303A16A)
&
Audit Keuangan dan Asurans II (1303FW52),
Sistem Informasi Manajemen
(1303MW35)/(1303A16A)
&
Pemeriksaan Akuntan II (1303A17A)
31 1303TW25 Hukum Pajak 3 Pengantar Akuntansi I (1303AW14)/(1300A01B)
32 1303TW37 Perpajakan 3 Hukum Pajak (1303TW25)/(1303A04A)
33 1303TW47 Akuntansi Perpajakan 3 Perpajakan
(1303TW37)/(1303A11A)
TOTAL 97

 

Mata Kuliah Wajib Peminatan – Financial Accounting & Analysis

No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat
1 1303FF63 Standar Akuntansi Keuangan 3 Akuntansi Keuangan Lanjutan II
(1303FW54)/(1303A15A)
2 1303FF61 Permodelan dan Proyeksi Keuangan 3 Akuntansi Keuangan Menengah II
(1303FW42)/(1303A06A)
3 1303FF62 Akuntansi Keuangan Berbasis Pasar Modal 3 Akuntansi Keuangan Menengah II
(1303FW42)/(1303A06A)
TOTAL 9

 

Mata Kuliah Wajib Peminatan – Audit & Assurance

No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat
1 1303FF63 Standar Akuntansi Keuangan 3 Akuntansi Keuangan Lanjutan II
(1303FW54)/(1303A15A)
2 1303FA61 Akuntansi Forensik Digital 3 Audit Keuangan dan Asurans II (1303FW52)
Pemeriksaan Akuntan II (1303A17A)
3 1303FA62 Audit Berbasis Digital 3 Audit Keuangan dan Asurans II (1303FW52)
&
Sistem Informasi Akuntansi Lanjutan (1303MW36)
Pemeriksaan Akuntan II (1303A17A)
&
Statistika I (1300E07B)
TOTAL 9

 

Mata Kuliah Wajib Peminatan – Stretegic Tax Advisory

No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat
1 1303TT61 Aplikasi dan Perencanaan Pajak 3 Perpajakan
(1303TW37)/(1303A11A)
2 1303FA61 Perpajakan Internasional 3 Akuntansi Perpajakan (1303TW47)/(1303U02B)
3 1303TT63 Isu Terkini dalam Perpajakan 3 Akuntansi Perpajakan (1303TW47)/(1303U02B)

 

Mata Kuliah Wajib Peminatan – Greenovation Accounting

No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat
1 1303MG61 Akuntansi Inovasi 3 Manajemen Strategis dan Kepemimpinan (1303MW56)
2 1303MG62 Praktik Bisnis Berkelanjutan 3 Akuntansi Sosial dan Lingkungan (1303MW44)
Seminar Akuntansi Sosial-Lingkungan (1303V01B)
3 1303MG63 Akuntansi Manajemen di Era Digital 3 Sistem Informasi Akuntansi Lanjutan (1303MW36)
&
Akuntansi Manajemen Lanjutan
(1303MW46)/(1303A02B)
Statistika I (1300E07B)
&
Akuntansi Manajemen Lanjutan
(1303MW46)/(1303A02B)
TOTAL 9

 

Mata Kuliah Pilihan

No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat
1 1303AP71 Akuntansi Sektor Publik 3 Pengantar Akuntansi II (1303FW22)/(1303A01A)
2 1303AP72 Kerja Praktik 9 Minimal SKS Kum sebesar 100 SKS
3 1303FP73 Akuntansi Perusahaan Multinasional 3 Akuntansi Keuangan Lanjutan II
(1303FW54)/(1303A15A)
4 1303MP74 Akuntansi Vernakular 3 Akuntansi Keuangan Menengah I
(1303FW33)/(1303A02A)
5 1303MP75 Kesadaran dan Akuntansi Perilaku 3 Akuntansi Manajemen (1303MW34)/(1303A07A)
6 1303MP76 Manajemen Risiko dan Tata Kelola 3 Hukum dan Etika dalam Bisnis (1300A02B)
Sistem Informasi Manajemen
(1303MW35)/(1303A16A)
7 1303MP77 Akuntabilitas Bisnis Keluarga 3 Sistem Pengendalian Manajemen
(1303MW57)/(1303A18A)
8 1303MP78 Proyek Akuntansi Hijau 3 Akuntansi Manajemen (1303MW34)/(1303A07A)
TOTAL 30

ALUR MATA KULIAH JURUSAN AKUNTANSI

 

 

7.3.7. FASILITAS #

Selain fasilitas yang disediakan universitas, ada beberapa fasilitas baik perangkat lunak maupun perangkat keras yang juga disediakan oleh Fakultas Bisnis dan Ekonomika antara lain

  • Perangkat keras
    • Ruang Laboratorium Komputer
    • Ruang Galeri Investasi
    • Ruang Laboratorium Praktikum Pariwisata
    • Auditorium Fakultas Bisnis dan Ekonomika
    • Ruang kelas reguler
    • Ruang kelas dengan fasilitas multimedia
    • Ruang Asisten Mahasiswa
    • Ruang Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
    • Fasilitas olah raga dan kesenian.

Terdapat fasilitas kerjasama dengan berbagai perusahaan dalam dan luar negeri, organisasi profesi, perguruan di luar negeri, asosiasi pengusaha dan organisasi-organisasi lainnya

  • Perangkat Lunak
    Untuk memperlancar studi mahasiswa, mahasiswa dapat memanfaatkan dan/atau berperan dalam:

    • kegiatan praktikum
    • Kegiatan penelitian dosen
    • kegiatan asistensi
    • organisasi kemahasiswaan, yang terdiri atas
      a. Dewan Perwakilan Mahasiswa FBE Ubaya
      b. Badan Eksekutif Mahasiswa FBE Ubaya:

      • Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Ekonomi Pembangunan
      • Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Manajemen
      • Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Akuntansi
      • Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Kelompok Ilmiah Mahasiswa
      • Kelompok Minat Mahasiswa (KMM) Radio Kampus
      • Kelompok Minat Mahasiswa (KMM) Seni & Olahraga
      • Kelompok Minat Mahasiswa (KMM) CURIO

Faculty of Economics Networking Community (FENC) Ubaya.
Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya hingga saat ini telah berhasil meluluskan banyak mahasiswa, namun di lain pihak perlu disadari bahwa para alumni tersebut seolah-olah terputus hubungan dengan almamaternya. Sehingga dirasakan perlu untuk membentuk sebuah wadah yang dapat menjembatani kerinduan para alumni untuk kembali bergabung dengan komunitas FBE Ubaya.
Oleh karena itu, pada tanggal 11 Maret 2005 didirikan “Faculty of Economics Networking Community (FENC)” yang merupakan wadah bagi para alumni FBE Ubaya.
Dalam perkembangannya, yang menjadi anggota bukan hanya alumni FBE Ubaya saja tetapi juga siapa pun yang pernah berhubungan dengan FBE Ubaya, baik dalam hal kerjasama ataupun yang pernah menggunakan jasa FBE Ubaya.

Sedangkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain Seminar Akademis dan Non Akademis (praktis), Bursa kerja, Family Gathering, dan Forum Bisnis. Diharapkan dengan adanya FENC ini dapat memberikan manfaat baik bagi FBE Ubaya maupun bagi anggotanya.

Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
Berkembangnya profesi akuntansi di dunia, khususnya di Indonesia menuntut kesiapan SDM dalam rangka menghadapi pasar bebas. Untuk itu diperlukan sinergi yang lebih erat dan produktif antara dunia pendidikan dan masyarakat bisnis. Maka dari itu PPAk menjadi kebutuhan yang bersifat urgent.
Universitas Surabaya sebagai salah satu dari 5 perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mendapatkan ijin untuk menyelenggarakan PPAk membuka kesempatan bagi lulusan S-1 untuk mendapatkan gelar Akuntan (Ak) yang mampu bersaing dalam merespon era globalisasi tersebut.
Pengajar terdiri dari:

  • Dosen tetap FBE Ubaya yang memiliki wawasan praktik dan kompeten di bidangnya
  • Partner dari Kantor Akuntan Publik
  • Praktisi bisnis dan akuntan professional yang berpengalaman di bidangnya
    Infrastruktur:
  • Ruang kuliah yang nyaman dan ber-AC
  • Laboratorium komputer untuk tiap peserta dengan aplikasi akuntansi terkini dan Electronic Data Processing (EDP) Audit

Centre for Professional Development (CPD)
CPD merupakan lembaga di bawah manajemen FBE Ubaya yang dibentuk dengan visi untuk turut menciptakan kemajuan dan memberi pelayanan berkualitas bagi masyarakat luas, terutama masyarakat bisnis dan industri, baik di sektor swasta maupun pemerintah pada tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional.
Dalam mewujudkan visi tersebut maka CPD mengemban misi untuk menjembatani potensi segenap sivitas akademika FBE Ubaya dengan kebutuhan pengembangan SDM di sektor bisnis, industri, dan pemerintahan dalam rangka menciptakan good government dan good management bagi masyarakat luas.

Layanan CPD:
1) Pelatihan In House & Pelatihan untuk Umum
Topik pelatihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, baik bisnis maupun pemerintahan. Spesialisasi CPD mencakup beragam topik, yaitu:

  • Perbankan, moneter, kebijakan pembangunan
  • Investasi publik atau swasta
  • Bisnis Internasional, ekspor impor
  • Manajemen Keuangan, Pasar Modal
  • Budgeting
  • Sistem Informasi Akuntansi & Manajemen
  • Akuntansi Manajemen & Keuangan
  • Manajemen Sumber Daya Manusia, motivasi, kepemimpinan
  • Manajemen Operasi, Manajemen Pabrik
  • Supply Chain Management
  • Riset Pemasaran & Metodologi Riset, Statistika
  • Kewirausahaan, Manajemen Pemasaran dan banyak lainnya.

2) Lokakarya
Lokakarya dapat mencakup berbagai isu manajerial, mulai dari pembuatan rancangan sistem hingga dengan pemecahan masalah

3) Seminar, Diskusi Panel & Dialog Interaktif
Topik yang ditawarkan dapat mencakup berbagai isu kontemporer yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat bisnis, industri dan pemerintahan

4) Site Visit
Dirancang untuk memberi inspirasi kepada peserta melalui perspektif dan pengalaman langsung yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan bisnis

5) Program Pendidikan & Sertifikasi Financial Planner
Profesi Perencana Keuangan (Financial Planner) saat ini telah menjadi profesi yang terhormat dan berpenghasilan tinggi di Amerika Serikat, Australia dan Eropa. Profesi ini juga berkembang pesat di Singapura, Malaysia dan negara-negara Asia lainnya termasuk Indonesia.
Seorang Perencana Keuangan membantu klien untuk mencapai tujuan keuangannya melalui perencanaan:

  • Proteksi asuransi (insurance planning)
  • Tabungan dan investasi (investment planning)
  • Dana Pensiun (retirement planning)
  • Dana Pendidikan (education planning)
  • Pajak Penghasilan (income tax planning)
  • Warisan (estate planning)

CPD FBE Ubaya bekerjasama dengan Financial Planning Standard Board (FPSB) Chapter Indonesia menyelenggarakan Preparation Program for Registered Financial Planner Indonesia (PP-RFPI). Bertujuan untuk memberikan pengetahuan berupa teori serta contoh-contoh praktis untuk dapat menjadi Perencana Keuangan yang professional dan berstandar Internasional serta mengikuti ujian komprehensif untuk mendapat gelar Certified Financial Planner (CFP®).

6) Program Pendidikan dan Sertifikasi di Bidang Pemasaran.
CPD FBE Ubaya bekerjasama dengan IMA (Indonesia Marketing Association) menyelenggarakan program sertifikasi di bidang pemasaran dengan gelar Indonesian Certified Professional Marketer (ICPM). Program ini ditujukan bagi professional di bidang pemasaran, mahasiswa S1, mahasiswa S2, untuk memberikan kompetensi baik secara konseptual dan pratikal di bidang pemasaran dan bisnis.

 

7.3.8. STRUKTUR ORGANISASI dan PERSONALIA #

7.3.9. TIM MANAJEMEN #

Dekan                                            :     Prof. Dr. Putu Anom Mahadwartha, S.E., M.M., CSA., CIB.

Wakil Dekan                                :     Fidelis Arastyo Andono, S.E., M.M., Ph.D.

Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan       :     Aluisius Hery Pratono, S.E., M.D.M., Ph.D.

Ketua Prodi Manajemen             :     Dr.Deddy Marciano, S.E., M.M., CSA., CBC., CIB.,CRP.

Ketua Prodi Akuntansi                 :     Dr. Bonnie Soeherman, S.E., M.Ak.

Direktur PPAk                             :     Dr. Riessanti Edie Wijaya, S.E., M.Si., Ak.

Direktur CPD                               :     Muhammad Wisnu Girindratama, S.A., M.A.

Manajer Administrasi                :     Ainur Iza, A.Md.

Kaprodi Magister Akuntansi     :    Dr. Yie Ke Feliana, S.E., M.Com., Ak., CPA., CFP., CA.

Kaprodi Magister Manajemen  :    Dr. Werner Ria Murhadi, S.E., M.M., CSA., CIB., CRP.

Koordinator Program                 :     Christina Rahardja, S.E., M.M., CPM (Asia)., CMA (USA)

Internasional

7.3.10. TENAGA KEPENDIDIKAN #

  1. Dosen Tetap

2. Dosen Tidak tetap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Powered by BetterDocs